Toyota dan Daihatsu Siapkan Small SUV Kembar Terbaru

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 24 Agustus 2019 - 12:11 WIB
Toyota dan Daihatsu Siapkan Small SUV Kembar Terbaru

Toyota dan Daihatsu tengah bersiap merilis produk small-SUV terbaru dengan basis Daihatsu DN Trec. (Foto: Bestcarweb)

TOKYO, iNews.id - Kolaborasi Toyota dengan Daihatsu tak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga di negara asalnya, Jepang. Kali ini, keduanya tengah bersiap merilis produk small-SUV baru berbasis Daihatsu DN Trec.

Dikutip dari Bestcarweb, Sabtu (24/8/2019), versi produksi massal dari kembaran Daihatsu DN Trec ini, akan diluncurkan di Jepang dalam gelaran Tokyo Motor Show 2019.

Menjelang debutnya, beredar rumor nama yang disematkan produk baru Toyota-Daihatsu yakni Toyota A-SUV. Namun, itu baru sebatas kode dan bukan nama resmi.

Daihatsu DN Trec pun masih sebatas kode dan belum memiliki nama resmi untuk versi produksi. Rencananya, proses produksi SUV ini akan sepenuhnya dilakukan Daihatsu.

Bocoran yang beredar Toyota A-SUV memiliki dimensi sama dengan Daihatsu DN Trec, yakni panjang 3.995mm, lebar 1.695mm, dan tinggi 1.620mm, dengan wheelbase 2.525 mm. Dimensi tersebut lebih kecil dari Suzuki Jimny.

Urusan jantung pacu, Daihatsu DN Trec dan Toyota A-SUV akan dibekali mesin 1.000 cc turbo 1-silinder yang dapat menghemburkan tenaga 96 hp dengan torsi 140 Nm. Tenaga tersebut akan dialirkan melewati penggerak empat roda (FWD).

Mengenai harga, kabarnya Daihatsu DN Trec dan Toyota A-SUV akan dibanderol di kisaran Rp241 - Rp281 juta. Di Jepang, target penjualan Toyota A-SUV sebanyak 5.000 unit per bulan, sedangkan Daihatsu DN-Trec 1.000 unit per bulan.

Di Indonesia, Toyota dan Daihatsu mempunyai beberapa produk kembaran, antara lain, Rush - Terios, Avanza - Xenia, Calya - Sigra, dan Agya - Ayla.


Editor : Dani Dahwilani