Toyota Siap Produksi dan Ekspor Mobil Listrik di Indonesia

Riyandy Aristyo ยท Senin, 10 September 2018 - 18:27 WIB
Toyota Siap Produksi dan Ekspor Mobil Listrik di Indonesia

Tunggu regulasi, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berharap bisa memproduksi mobil listrik di dalam negeri dan mengekspornya. (Foto: Dok)

JAKARTA, iNews.id - Regulasi terkait mobil listrik, hybrid dan energi terbarukan, masih digodok pemerintah. Jika peraturan mobil rendah emisi ini rampung, bisa dipastikan mobil bertenaga listrik atau energi terbarukan bisa berkembang di Indonesia dengan harga murah.

Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono mengatakan, pihaknya sangat berharap bisa memproduksi mobil listrik di dalam negeri dan mengekspornya.

"Sekarang kan banyak model-model baru, seperti Innova dan Fortuner. Rush juga dimulai tahun ini. Jadi, kalau bisa ke depannya bisa produksi electric vehicle," ujar Warih, saat ditemui iNews.id, baru-baru ini.

Warih menuturkan, untuk menyambut pasar mobil ramah lingkungan di Indonesia, produsen mobil asal Jepang ini harus siap meski belum ada kejelasan terkait produksi dan ekspor dari mobil listrik tersebut.

"Nantilah, belum tahu (produksi mobil listrik). Kita investasi lagi, kita teliti lagi, yang pasti harus siap produksi mobil listrik," kata Warih.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyinggung investasi besar Toyota tidak hanya untuk mobil konvensional, tapi juga produksi massal mobil listrik di Tanah Air.

"Saya sangat mengapresiasi Toyota Motor yang sudah berinvestasi Rp22,9 triliun, dan itu jumlah yang sangat besar. Kita harapkan, bakal bergerak ke mobil listrik ke depannya," kata Jokowi.

Dia mengatakan, roadmap menuju mobil listrik sedang dipersiapkan kemenperin dan secepatnya akan disahkan agar mobil listrik segera berjalan di Indonesia. "Masih dalam proses (perpres mobil listrik). Secepatnya lah selesai tahun ini," ujarnya.

Editor : Dani Dahwilani