Tunggu Detail Aturan, Wuling Belum Tentukan Sikap terkait Mobil Listrik

Riyandy Aristyo ยท Senin, 12 Agustus 2019 - 14:30 WIB
Tunggu Detail Aturan, Wuling Belum Tentukan Sikap terkait Mobil Listrik

Wuling akan mengambil sikap bila sudah melihat detail salinan perpres terkait kendaraan listrik di Indonesia. (Foto: Daily Express)

JAKARTA, iNews.id - Peraturan Presiden (Perpres) terkait kendaraan listrik sudah diteken Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), pekan lalu. Meski begitu, PT SGMW sebagai pemegang merek Wuling di Indonesia belum menentukan sikap terkait perpres tersebut.

Brand Manager SGMW Motor Indonesia, Dian Asmahani mengatakan, pihaknya akan mengambil tindakan bila sudah melihat salinan perpres tersebut. "Kami ingin melihat isi dari perpres itu lebih dulu. Selain itu, kami juga harus studi untuk detail peraturannya seperti apa," ujar Dian, saat dihubungi iNews.id, Senin (12/8/2019).

Dia menuturkan, walalupun kebijakan mobil listrik sudah diteken, pihaknya tidak bisa begitu saja membawa kendaraan listrik ke Tanah Air. Butuh waktu bagi perusahaan untuk riset sebelum membawa produk yang sesuai dengan regulasi.

Baca juga:

Perpres Kendaraan Listrik Sudah Diteken, Toyota Masih Cari Mobil yang Cocok
Perpres Diteken Jokowi, Ini Insentif yang Diberikan bagi Pengguna Mobil Listrik

"Untuk membawanya ke Indonesia, kami tetap harus riset pasar dulu. Karena ini, butuh waktu dan banyak hal yang harus distudi. Lagi pula, ini jadi kebiasaan kami jika ingin memperkenalkan produk baru," katanya.

Menurut Dian, perpres tersebut menjadi sesuatu yang perlu diapresiasi semua produsen. Harapannya regulasi ini mampu mengubah peta otomotif nasional ke arah yang lebih bersih di masa depan.

"Kami melihat hal ini sebagai langkah positif bagi perkembangan industri otomotif di Indonesia. Dengan begitu, impian masyarakat Indonesia memiliki mobil listrik jadi semakin jelas," ujarnya.


Editor : Dani Dahwilani