Usai Perjalanan Jauh, Ini Bagian Mobil yang Wajib Anda Cek

Dani M Dahwilani ยท Jumat, 14 Juni 2019 - 15:15 WIB
Usai Perjalanan Jauh, Ini Bagian Mobil yang Wajib Anda Cek

Pascaperjalanan jauh segera lakukan pengecekan beberapa bagian penting mobil untuk memastikan tidak ada masalah. (Foto: Auto2000)

JAKARTA, iNews.id - Perjalanan panjang mudik Lebaran ke kampung halaman atau berlibur ke berbagai daerah tidak hanya melelahkan Anda, tapi juga kendaraan. Terlebih mobil diisi penuh orang dan barang, kendaraan dipaksa bekerja maksimal.

Untuk itu, Senior Division Head Auto2000, Ricky Martawijaya mengatakan, pascaperjalanan jauh segera lakukan pengecekan beberapa bagian penting mobil untuk memastikan tidak ada masalah.

“Segera lakukan pengecekan kendaraan setelah mudik Lebaran untuk memastikan mobil Anda tetap dalam kondisi prima. Agar lebih mudah dan menyeluruh, Anda bisa meminta bantuan Auto2000 di bengkel resmi atau mengorder layanan THS (Auto2000 Home Service) via aplikasi Auto2000 Mobile,” ujarnya, dalam keterangan tertulis kepada iNews.id, Jumat (14/6/2019).

Namun sebelumnya, kata Ricky, bersihkan mobil mulai dari luar, dalam, bagasi hingga ruang mesin agar kondisinya kembali segar dan memudahkan dalam pengecekan. Berikut komponen yang harus Anda cek pascamudik atau perjalanan jauh:

1. Ban

Ibarat sepatu di kaki manusia, tugas ban terbilang sangat berat. Mulai dari menopang tubuh mobil, mengarahkan dan mengatur laju mobil, hingga meredam getaran yang diterima dari kondisi jalan. Hampir pasti mobil diberi muatan orang dan barang dalam jumlah yang besar.

Untuk itu, usai perjalanan jauh cek ulang tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan. Periksa juga kondisi fisik ban, mulai dari telapak ban hingga dinding ban. Ukur ketebalan telapak ban dan pastikan tidak ada cacat fisik di dinding ban. Perhatikan pula kondisi pelek dan jangan lupa untuk mengecek ban serep.

2. Oli mesin

Oli ibarat darah bagi mesin mobil. Untuk itu, usai perjalanan jauh segera lakukan pengecekan takaran oli mesin via dipstick. Segera tambah takaran kurang dan perhatikan apakah kondisi fisik oli tidak seperti biasanya seperti berwarna coklat, keruh atau kental.

"Jika volume oli mesin berkurang banyak dan terjadi perubahan fisik, segera bawa mobil Anda ke bengkel resmi untuk pemeriksaan lebih lanjut. Jika dibiarkan, dikhawatirkan mobil mengalami kerusakan berat," kata Ricky.

3. Kaki-kaki mobil

Di area kaki-kaki terdapat empat komponen penting sekaligus, yaitu sistem kemudi, suspensi, rem, dan penggerak roda. Semuanya bekerja secara simultan dan mendapatkan tekanan dari gaya mengemudi dan kondisi jalan.

Semakin berat mobil penggerak roda depan lantaran seluruh komponen terpusat di bagian depan. Periksa jika ada kebocoran pelumas, karet getas atau sobek. Lakukan spooring dan balancing agar kendaraan kembali prima.

4. Cairan mobil

Perjalanan mudik yang berat pasti menyiksa mobil, dan bagian yang terkena imbas lebih dulu biasanya cairan mobil ditandai dengan penguapan. Lakukan pengecekan air radiator, air aki basah, minyak rem, minyak kopling manual, freon AC, oli transmisi otomatis, hingga air wiper.

"Tambah sesuai takaran dan periksa apakah ada kebocoran atau kerusakan lainnya. Jangan abaikan jika ada sesuatu yang mencurigakan," ujar Ricky.


Editor : Dani Dahwilani