Volkswagen Minta Maaf Atas Video Iklan Bernada Rasisme

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 23 Mei 2020 - 16:58 WIB
Volkswagen Minta Maaf Atas Video Iklan Bernada Rasisme

Volkswagen minta maaf atas iklan rasisme (Foto : The Guardian)

STUTTGART, iNews.id - Pabrikan mobil Jerman, Volkswagen, memposting video iklan New Golf 8 yang disinyalir mengandung rasis. Atas hal tersebut, Volkswagen meminta maaf dan mengakui kesalahan tersebut.

Dikutip dari The Guardian, Sabtu (23/5/2020), sebelumnya, Volkswagen merasa tidak melakukan perbuatan rasis dalam iklan tersebut, lantaran masalahnya tidak relevan.

Namun, kritik yang datang bertubi-tubi membuat Volkswagen dituding tidak mengakui kesalahan atas video tersebut. Menanggapi kemarahan yang semakin menjadi, akhirnya perusahaan mengerti kenapa orang-orang kesal karenanya.

"Kami memposting video iklan rasis di saluran Instagram Volkswagen dan kami memahami kemarahan publik atas hal ini," kata kepala penjualan dan pemasaran merek Volkswagen, Jurgen Stackmann.

Seperti diketahui, video klip berdurasi pendek itu memperlihatkan seorang lelaki kulit hitam mendekati VW Golf kelir kuning cerah. Tetapi, tangan raksasa dari wanita kulit putih yang mendorong pria kulit hitam diklaim bernada satire, karena suasananya seperti masa kolonial.

"Atas nama Volkswagen AG, kami meminta maaf kepada masyarakat luas untuk film ini. Dan kami meminta maaf secara khusus kepada mereka yang merasa secara pribadi terluka oleh konten rasis karena sejarah mereka sendiri," katanya.

Editor : Vien Dimyati