Volvo Kenalkan Teknologi Dynamic Steering, Permudah Pengemudi Kendalikan Truk
BOGOR, iNews.id - Volvo Trucks Indonesia memperkenalkan teknologi kemudi yang ringan dan akurat bernama Volvo Dynamic Steering. Teknologi ini memudahkan dan mengurangi kelelahan dalam mengemudi.
MD Volvo Trucks Indonesia, Jurn Terpstra mengatakan, Volvo Dynamic Steering menggabungkan power steering hidrolik konvensional dengan motor listrik yang diatur secara elektronik dan dipasang pada roda kemudi.
"Teknologi yang dipatenkan ini bermanfaat bagi pengemudi truk di Indonesia di setiap kondisi operasi. Di jalan bebas hambatan, sistem Volvo Dynamic Steering memberikan stabilitas arah kendaraan yang tak tertandingi," ujarnya di Sentul, Jawa Barat, Kamis (20/6/2019).
Jurn menjelaskan, sistem tersebut juga dapat mengurangi tenaga yang dibutuhkan dalam mengemudi hingga 85 persen dan meredam hentakan akibat Iubang, jalan tidak rata, jalanan berlumpur, pengereman, dan menjaga truk tetap Iurus ke arah yang dipilih pengemudi.
"Di jalan off-road, pada kecepatan rendah, truk yang penuh muatan pun akan sangat mudah dikendalikan sehingga pengemudi dapat melakukannya dengan satu jari," katanya.
Volvo Dynamic Steering bekerja pada sistem kemudi mekanis konvensional dengan poros terhubung ke roda kemudi. Unit servo hidrolik menghasilkan tenaga yang membantu pengemudi memutar lingkar kemudi truk yang terhubung dengan motor listrik.
Di kecepatan rendah, motor Iistrik secara otomatis mengontrol kemudi dan mengklompensasi tekanan yang terjadi pada roda kemudi. Misalnya, akibat dorongan angin samping atau permukaan jalan yang tidak rata.
"Fungsi motor listrik akan memberikan pengendalian yang akurat di setiap saat pengoperasian. Contoh, ketika sensor mencatat pengemudi ingin melaju lurus, sistem secara otomatis memastikan tidak ada hambatan di permukaan jalan yang mempengaruhi arah roda kemudi," kata Jurn.
Fitur baru ini sekarang tersedia di Indonesia untuk truk rigid dan prime mover dengan poros roda depan tunggal (6x4) dan poros depan ganda (8x4). Sayang, teknologi ini belum tersedia pada truk dengan penggerak roda all wheel drive.
Editor: Dani M Dahwilani