Volvo Siap Boyong Truk dan Bus Listrik ke Indonesia

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 16 Agustus 2019 - 13:00 WIB
Volvo Siap Boyong Truk dan Bus Listrik ke Indonesia

Volvo Truck Indonesia yang rencananya akan membawa kendaraan komersial listrik ke Tanah Air. (Foto: Electrive)

JAKARTA, iNews.id - Era kendaraan listrik di Indonesia tidak hanya berlaku pada mobil pribadi atau motor. Kendaraan besar komersial, seperti bus dan truk juga akan merambah Indonesia.

Salah satunya Volvo Truck Indonesia. Mereka rencananya akan membawa kendaraan komersial listrik ke Tanah Air.

CEO PT Wahana Inti Selaras (Indomobil Group) Bambang Prijono, berjanji peluncurannya akan dilakukan dalam waktu dekat. "Pasti suatu saat kita masukkan, yang pasti tidak lama lagi," ujarnya saat ditemui di Ancol, Jakarta Utara, baru-baru ini.

Selain itu, Bambang juga masih belum mengetahui, mana yang lebih dulu diluncurkan, bus atau truk. Dia hanya tahu informasi jika bus listrik yang akan diboyong ke Indonesia, sedang diuji coba di Singapura.

"Kalau bus listrik, sekarang kita sedang uji coba di Singapura. Bus hybrid juga sudah berjalan, bahkan sudah dipakai sebagai transportasi umum di Singapura," katanya.

Bambang menambahkan, untuk Volvo truk model full elektrik, kabarnya juga sudah mulai beroperasi di Eropa, dan segera menyusul untuk diuji coba di Singapura.

"Kalau Volvo sekarang sudah punya truk yang full electric, tapi masih untuk truk yang ukuran kecil. Jadi untuk yang diperkotaan. Untuk pengumpul sampah, untuk garbage compactor, itu sudah beroperasi si Swedia," katanya.


Editor : Dani Dahwilani