VW Group Akan Stop Produksi Mobil Bensin dan Diesel

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 06 Desember 2018 - 08:43 WIB
VW Group Akan Stop Produksi Mobil Bensin dan Diesel

Volkswagen (VW) Group mengumumkan tak akan lagi mengembangkan mobil bertenaga bensin dan diesel. (Foto: VW)

STUTTGART, iNews.id - Raksasa mobil Jerman, Volkswagen (VW) Group mengumumkan tak akan lagi mengembangkan mobil bertenaga bensin dan diesel. Kabarnya, mobil-mobil bermesin bensin dan diesel akan disuntik mati pada 2026.

Dilansir dari Rushlane, Kamis (6/12/2018), Kepala Strategi VW, Michael Jost mengatakan, semua merek di bawah VW Group juga akan mengikuti keputusan ini, termasuk Audi, Bentley, Bugatti, Porsche, Seat dan Lamborghini.

Hal tersebut dilakukan sebagai strategi VW beralih ke kendaraan listrik. VW pun pernah tersandung skandal diesel pada 2015 yang memaksanya membayar denda 27 miliar euro.

Jost menyebutkan, di masa transisi VW akan terus menyesuaikan mesin bensin dan diesel untuk mematuhi standar lingkungan selama kendaraan-kendaraan tersebut beroperasi untuk menghambat laju pemanasan global.

Kendaraan listrik pertama VW Group yang akan dirilis adalah Porsche Taycan dan diikuti model lainnya, seperti Audi e-Tron, Audi e-Tron GT, dan CrossTurisimo.

Untuk merek VW ada I.D. Neo, diikuti van I.D. Buzz, crossover/SUV, dan limusin berbasis I.D. Vizzion. Total jajaran Volkswagen terdiri atas lebih 300 mobil, van dan truk, serta sepeda motor pada 2030.


Editor : Dani Dahwilani