Dibanderol Seharga Toyota Rush, Ini Spesifikasi Motor Honda CB650R

Dani M Dahwilani ยท Minggu, 10 Februari 2019 - 12:15 WIB
Dibanderol Seharga Toyota Rush, Ini Spesifikasi Motor Honda CB650R

Gendong fitur modern, Honda CB650 R dibanderol seharga Rp265 juta on the road (OTR) DKI Jakarta. (Foto: AHM)

JAKARTA., iNews.id - PT Astra Honda Motor (AHM) baru saja meluncurkan jajaran motor gedenya (moge) di Indonesia. Salah satunya adalalah Honda CB650R.

Apa keistimewaan motor ini? Honda CB650R didesain untuk menghadirkan kesenangan serta sensasi bagi pengendara yang ingin terlihat unik dan berbeda melalui konsep Neo Sport Cafe.

Konsep ini sangat kuat ditampilkan melalui desain lampu depan LED bulat klasik. Daya tarik lainnya didapat melalui penyematan full LED dan lensa bening pada lampu senja, lampu belakang, lampu sein sehingga menghasilkan pencahayaan modern.

Berapa harga motor ini? Honda CB650 R dibanderol on the road (OTR) DKI Jakarta Rp265 juta, atau hampir sama dengan harga mobil Toyota Rush.

Kekayaan fitur menjadi keunggulan Honda CB650R. Penggunaan suspensi depan inverted telescopic Showa 41 mm meningkatkan kenyamanan handling saat berkendara. Suspensi belakang dengan lengan ayun alumunium menghadirkan bentuk kurva dengan busur berada di atas knalpot di sisi kanan. Suspensi belakang yang memiliki pengaturan hingga 10 level disesuaikan dengan kebutuhan pengendara.

Model ini memiliki fitur assist slipper clutch membuat tuas kopling menjadi lebih ringan dari total keseluruhan dan mengurangai efek engine break ketika melakukan penurunan gigi dengan cepat. Tampilan baru full digital panelmeter dengan pencahayaan berwarna biru pada speedometer yang lebar, dengan informasi baru untuk Gear Position dan Shift Up Indicator.

Informasi tersebut melengkapi informasi putaran mesin, kecepatan, odometer, bahan bakar, meter perjalanan, rata-rata konsumsi bahan bakar, serta penunjuk waktu yang semakin memberikan kesan canggih.

Honda CB650R
Ditopang Honda Selectable Torque Control (HSTC), Honda CB650R memberikan kenyamanan dalam berkendara. Sistem ini berfungsi menyesuaikan tenaga mesin untuk mengoptimalkan torsi di roda belakang dan mengurangi selip pada roda belakang.  
 
Penyematan fitur Emergency Stop Signal (ESS) pada Honda CB650R menunjang keselamatan saat pengereman mendadak. Di mana ESS secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat rem dioperasikan sehingga dapat memberikan peringatan ke pengendara di sekitarnya terutama pada posisi di belakang kendaraan untuk menghindari kemungkinan kecelakaan.

Tak hanya memiliki desain yang memikat pecinta big bike, performa tinggi dan beragam fitur yang disematkan menjadi penyempurna Honda CB650R. Didukung mesin 4 silinder 650cc DOHC yang memiliki 6 perpindahan gigi, Honda CB650R menghasilkan power 66,5kW/11.000 rpm dilengkapi torsi kuat 60,7Nm/8.000 rpm.

Model ini memiliki kapasitas tangki BBM 15,4L dan telah memenuhi standar Euro 3. Model knalpot pada Honda CB650R ini memiliki desain yang compact, sehingga menambah kesan maskulin sekaligus memberikan performa optimal pada putaran bawah-tengah dan menghasilkan suara yang berkelas.  

Honda CB650R memiliki rangka diamond steel yang kokoh berbentuk elips yang dirancang untuk memberikan kesan kompak. Keseimbangan kekuatan didapatkan melalui penyetelan secara khusus yang lebih kaku di sekitar headstock dan lebih fleksibel di sisi spar, sehingga memberikan karakter pengendalian yang diinginkan pengendara.

Posisi berkendara agak condong ke bagian depan, menempatkan pengendara dekat dengan roda depan. Jok pembonceng memberikan ruang yang cukup didukung dengan tali untuk keamanan. Profil jok pengendara yang pas membantu jangkauan kaki ke tanah, dengan ketinggian jok 810mm.

Velg aluminium menggunakan ukuran ban depan 120/70-R17 dan ban belakang ukuran 180/55-R17. Model ini menggunakan kaliper rem depan berpiston empat dengan disk berukuran 310mm dan rem belakang piston tunggal dengan disk 240mm menghasilkan daya pengereman yang berlimpah dengan ABS 2-channel terpasang sebagai standar.

Honda CB650R hadir dengan varian warna Candy Chromosphere Red dan Graphite Black.


Editor : Dani Dahwilani