Jokowi Pesan 100 Unit, Ini Harga Motor Listrik Gesits

Dani M Dahwilani ยท Rabu, 07 November 2018 - 19:35 WIB
Jokowi Pesan 100 Unit, Ini Harga Motor Listrik Gesits

Dibanderol Rp20 jutaan, PT Gesits Technologies Indo (GTI) memastikan pesanan Jokowi akan dikirim awal tahun depan. (Foto: iNews)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik inovasi teknologi sepeda motor karya anak bangsa, Gesits. Presiden mengaku bangga dengan produksi motor nasional dan memastikan akan menjadi pembeli pertama dengan memborong 100 unit.

Dia pun berkesempatan mencoba sepeda motor listrik tersebut dengan dibawa berkeliling Istana Merdeka, Jakarta. Menurut Jokowi, motor Gesits merupakan salah satu kendaraan ramah lingkungan.

Menanggapi hal itu, Chief Executive Officer (CEO) PT Gesits Technologies Indo (GTI) Harun Sjech bangga mendapat apresiasi dari Presiden. Dia memastikan pesanan Jokowi akan dikirim awal tahun depan

"Awal tahun depan Mas," ujarnya, saat dikonfirmasi iNews.id mengenai pengiriman pesanan Jokowi melalui pesan singkatnya, Rabu (7/11/2018).

Berapa harga motor ini? Harun mengungkapkan, skutik Gesits dibanderol Rp20 jutaan. (Baca: Mengenal Lebih Dekat Motor Listrik Indonesia Gesits)

Terkait rencana peluncuran Gesits yang beberapa kali mundur, Harun menjelaskan, pihaknya tidak ingin mengecewakan masyarakat Indonesia. Untuk itu, perusahaan ingin memastikan kualitas Gesits sesuai dengan ekspektasi masyarakat.

"Ya, kita harus make sure kualitas gesits, harus sesuai dengan ekspektasi masyarakat, kualitas baik, harga kompetitif," katanya.

Terkait sistem pengisi baterai, Harun sebelumnya menyebutkan akan bekerja sama dengan SPBU-SPBU di Indonesia dengan menggunakan sistem isi ulang (swap). Melalui sistem ini konsumen tidak perlu repot mengisi daya baterai motor Gesits.
 
"Baterai dengan sistem swap masih in progress. Betul, supaya customer lebih convinience," ujar Harun, terkait kesiapan sistem pengisian daya baterai.

Diketahui, stabilitas berkendara menjadi fokus utama GTI dalam pengembangan desain Gesits. Skuter listrik ini memiliki kapasitas 125 cc, dengan sumber tenaga berasal dari generator berdaya 5 kw 96 Volt DC, yang menghasilkan output maksimal sekitar 6,79 dk dan torsi 15 Nm pada putaran 3.000 rpm.

Untuk tampilan, Day Running Light (DRL) terpasang pada bodi depan dan belakang Gesits memanjang hingga ke samping memiliki dua fungsi, yaitu sebagai lampu utama sekaligus lampu sein

Baterai Gesits didesain removable sehingga memudahkan penggantian selama perjalanan dan menghilangkan kekhawatiran terkait daya jelajah. Di mana Gesits menggunakan baterai Lithium Ion 5.000 Wh dengan waktu charging 3-4 jam. Performa baterai dan motor listrik pada Gesits dapat dipantau menggunakan smartphone berbasis Android.


Editor : Dani Dahwilani