Lahirkan Banyak Mobil Konsep dan Produksi, Nissan Rayakan Pusat Desain di AS

Dani M Dahwilani ยท Jumat, 22 November 2019 - 08:45 WIB
Lahirkan Banyak Mobil Konsep dan Produksi, Nissan Rayakan Pusat Desain di AS

Studio Nissan di Amerika telah berkontribusi memberikan desain sekitar 20 konsep dan 30 model produksi.

SAN DIAGO, iNews.id - Nissan merayakan hari jadi ke-40 studio desain pertamanya di luar Jepang. Dibangun di San Diego, California, Amerika Serikat (AS), pada 1979, pusat desain bernama Nissan Design International ini mengembangkan beberapa model ikonik.

Sebut saja model Nissan 300ZX dan Puslar NX yang diluncurkan pada 1986. Terlepas dari fokus awal studio pada mobil sport, mereka juga memiliki andil dalam merancang sejumlah truk dan SUV, termasuk Pathfinder 1986.

Namun, konsep pertama Nissan Design International untuk model produksi adalah pikap Hardbody 1986. Mengingat konsumen Amerika menyukai model truk dan SUV, Nissan Design International memainkan peran penting dalam mengembangkan Nissan Xterra 1999, dan Frontier Crew Cab. Mereka dengan bangga mencatat ini sebagai pikap kompak pertama yang memiliki empat pintu berukuran penuh.

Dilansir dari Carscoops, Jumat (22/11/2019), studio ini kemudian berganti nama menjadi Nissan Design America pada 2002. Perubahan nama tersebut bertepatan dengan peluncuran Altima generasi ketiga.

Studio akhirnya kembali ke mobil sport karena mereka berperan dalam mendesain Z350 pada 2003, dan GT-R 2009. Namun, dalam kasus GT-R, pekerjaan studio terbatas pada fase desain awal.

Baru-baru ini, Nissan Design America telah membantu menciptakan Altima 2019 dan Titan 2020. Mereka juga mengerjakan Sentra 2020 yang memulai debutnya di Los Angeles Auto Show, awal minggu ini.

Nissan mengatakan studio Amerika telah berkontribusi memberikan desain sekitar 20 konsep dan 30 model produksi. Ini termasuk pekerjaan pada pilihan eksterior, interior, warna dan material.

Editor : Dani Dahwilani