Masih Polemik, Suzuki Diam-Diam Kembangkan Motor Listrik di India

Dani M Dahwilani ยท Jumat, 14 Juni 2019 - 19:30 WIB
Masih Polemik, Suzuki Diam-Diam Kembangkan Motor Listrik di India

Penuhi batas waktu 2025, Suzuki diam-diam kembangkan sepeda motor listrik di India. (Foto: Indianautsblog)

NEW DELHI, iNews.id - Batas waktu kendaraan roda dua listrik massal yang diusulkan pemerintah India pada 2025 belum berjalan baik. Beberapa perusahaan menyebutkan tenggat waktu tersebut tidak realistis.

Untuk menjaga keberlansungan usaha dan kepercayaan konsumen, para produsen otomotif saat ini tengah mengembangkan produk sepeda motor listrik dengan hati-hati. Salah satunya Suzuki.

Dilansir dari Carscoops, Jumat (14/6/2019), Wakil Presiden Penjualan, Pemasaran dan Purnajual Suzuki Motorcycle India, Devashish Handa telah mengkonfirmasi all-electric two-wheeler sedang dalam pengembangan. Namun, dia belum bersedia memberikan bocoran mengenai waktu peluncuran.

Baca juga: India Tetapkan Batas Waktu Motor Listrik 2025, TVS dan Bajaj Nilai Tak Realistis

"Sedang dikembangkan. Proyek sedang aktif. Kami tidak yakin kapan akan memperkenalkannya di pasar India. Karena apa yang telah dinyatakan pemerintah sejauh ini adalah niatnya. Tetapi harus dikonversi ke beberapa peraturan," katanya.

"Kami tidak memiliki peraturan yang tegas dan sampai saat Anda memiliki kejelasan tentang peraturan dalam Peraturan Motor Pusat. Ini menjadi sangat sulit bagi produsen mana pun untuk menghitung waktu (peluncuran). Hal-hal itu masih harus dipertimbangkan. Tetapi pekerjaan mendasar tengah dilakukan," ujar Devashish.

Seperti diketahui, Kementerian Jalan dan Transportasi India telah mengusulkan elektrifikasi kendaraan roda tiga dan roda dua di bawah 150 cc pada 2023 dan 2025. Jika ini terjadi, sepeda motor listrik Suzuki akan bersaing dengan produk-produk lain, seperti Hero Electric, Ather Energy dan Ultraviolette Automotive.


Editor : Dani Dahwilani