Motor Sulit Dinyalakan Setelah Ditinggal Lama Mudik, Perhatikan Ini

Riyandy Aristyo ยท Minggu, 09 Juni 2019 - 07:15 WIB
Motor Sulit Dinyalakan Setelah Ditinggal Lama Mudik, Perhatikan Ini

Menyimpan motor dalam waktu lama biasanya berisiko mengalami kerusakan, seperti karat pada komponen mesin dan motor sulit dihidupkan. (Foto: Mi Ty/YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Dari sekian banyak pemudik, ada beberapa yang memilih menggunakan transportasi umum dan meninggalkan kendaraan pribadi di rumah. Namun, karena ditinggal dalam waktu lama, terkadang kendaraan terutama sepeda motor sulit dihidupkan.

Pemilik bengkel Beji's Motor, Anjas Marbun mengatakan, dengan menyimpan motor dalam waktu yang lama biasanya berisiko mengalami kerusakan, seperti karat pada komponen mesin dan motor sulit dihidupkan.

"Banyak pemudik saat kembali ke rumah sulit menghidupkan motornya karena ditinggal terlalu lama dan tidak pernah dipanaskan," ujarnya, saat berbincang dengan iNews.id, baru-baru ini.

Anjas menghimbau untuk yang ingin menghidupkan mesin motor, butuh perlakuan khusus agar kerusakan pada komponen mesin akibat kurang pelumasan bisa dihindari, atau paling tidak diminimalisir.

"Pertama-tama adalah memeriksa bagian oli. Biasanya, jika motor disimpan lama atau lebih dari satu bulan, oli mesin akan mengendap di bak penampungan," kata Anjas.

Ketika mesin dihidupkan, komponen mesin di bagian atas butuh pelumasan yang tidak sedikit. Jangan sampai saat mesin dihidupkan, komponen di kepala silinder dalam kondisi minim pelumasan.

"Yang harus dilakukan sebelum menghidupkan mesin motor lama tak dinyalakan adalah mengengkol sekitar 15 kali, supaya olinya bersirkulasi," katanya.

Kemudian nyalakan mesin motor dengan bantuan choke jika motor masih terdapat choke. Kalau tidak ada choke, nyalakan mesin dengan memakai engkol.

Komponen lain yang harus diperiksa sebelum motor dinyalakan adalah aki. Kalau aki soak karena dibiarkan terlalu lama tidak dipakai maka pengisian listrik menjadi sia-sia.

"Kalau usaha-usaha tadi tidak ada hasilnya, sebaiknya bawa motor tersebut ke bengkel resmi terdekat atau bengkel terpercaya, guna dicek lebih lanjut," ujar Anjas.


Editor : Dani Dahwilani