Motor Yamaha Ini Tak Lolos Uji Emisi, Produksi Dihentikan

Dani M Dahwilani ยท Selasa, 24 Maret 2020 - 12:23 WIB
Motor Yamaha Ini Tak Lolos Uji Emisi, Produksi Dihentikan

Yamaha YZF-R3 dikabarkan akan dihentikan produksinya akhir Maret 2020 lantaran tidak lolos uji emisi BS6 di India. (Foto: GaadiWaadi)

NEW DELHI, iNews.id - Yamaha YZF-R3 dikabarkan akan dihentikan produksinya akhir Maret 2020 lantaran tidak lolos uji emisi BS6 di India. Di mana aturan emisi ini akan mulai diterapkan pemerintah India, pada 1 April 2020.

Dikutip dari GaadiWaadi, Selasa (24/3/2020), parahnya Yamaha YZF-R3 juga tidak mendapatkan pembaharuan Euro 5. Meski begitu, ada beberapa model Yamaha yang sudah berstandar emisi BS6.

Tak hanya itu, harga yang mahal akibat kenaikan biaya produksi dan perpajakan membuat Yamaha tidak mau menyesuikan mesinnya dengan aturan Euro 6. Mereka lebih memilih discontinue. Apalagi Yamaha YZF-R3 punya rekor penjualan yang buruk di pasar India.

Secara fisik, desain sportbike ini tidak terlalu buruk. Di sektor depan, Yamaha YZF-R3 sudah menggunakan LED headlamp, panel instrument full digital, suspensi sudah upside down di bagian depan dan monoshock di belakang, serta memakai hydraulic dual disc brake.

Jantung pacu dibekali dengan mesin paralel twin-silinder bekapasitas 321cc yang sanggup memuntahkan tenaga sebesar 41 Hp dan torsi 30 Nm. Di pasar India motor ini bersaing dengan Kawasaki Ninja 300 dan KTM RC390.


Editor : Dani Dahwilani