Pasang Kursi Tambahan Anak pada Motor Ternyata Sangat Berbahaya

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 23 Maret 2019 - 07:21 WIB
Pasang Kursi Tambahan Anak pada Motor Ternyata Sangat Berbahaya

Keberadaan kursi tambahan dapat mengurangi kemampuan pengendara menjaga keseimbangan ketika bermanuver seperti berbelok. (Foto: Ottsworld)

JAKARTA, iNews.id - Tak hanya pria, sepeda motor juga banyak diminati kaum wanita, khususnya para emak-emak untuk mengantar jemput anak. Tak sedikit, mereka memasang kursi tambahan yang diletakkan di dek tengah.

Head Instruktur Wahana Honda, Agus Sani mengatakan, memasang kursi tambahan pada motor sangat berbahaya bagi keselamatan si kecil. Keberadaan kursi tambahan dapat mengurangi kemampuan pengendara menjaga keseimbangan ketika bermanuver seperti berbelok.

"Jangan lupa, prinsip bersepeda motor adalah menjaga kestabilan atau keseimbangan saat melaju di jalan raya," ujarnya, saat dihubungi iNews.id, baru-baru ini.

Agus menuturkan, menambah jumlah penumpang dengan kursi tambahan sebenarnya sudah melanggar UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

"Perlu diketahui, menambah jumlah kapasitas penumpang sepeda motor itu sudah melanggar ketentuan UU LLAJ, yang berisi sepeda motor hanya untuk dua orang, yaitu pengendara dan satu penumpang," katanya.

Memang belum banyak informasi mengenai keselamatan dari kursi ini di masyarakat. Wajar jika kemudian kursi tambahan dijual bebas di toko, kios-kios pinggir jalan atau secara online.

"Padahal, menempatkan anak untuk duduk di kursi tambahan bagian tengah justru meningkatkan risiko cedera jika terjadi kecelakaan. Sang anak bisa terpental. terlebih posisi mereka berada di paling depan," ujar Agus.


Editor : Dani Dahwilani