Tips Menghindari Begal Motor di Jalan Raya

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 18 Mei 2019 - 07:15 WIB
Tips Menghindari Begal Motor di Jalan Raya

Kemampuan berkendara juga dapat menjadi satu tips untuk dapat menghindari kejahatan begal di jalan raya. (Foto: Biker Dating Expert)

JAKARTA, iNews.id - Akhir-akhir ini, beredar video pengendara motor yang hampir mengalami pembegalan bermodus cabut kunci di jalan raya. Beruntung, si korban dengan sigap mengetahui sehingga aksi tersebut bisa digagalkan.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Motors, Agus Sani mengatakan, aksi kejahatan terhadap pengendara motor yang meningkat patut diwaspadai. "Entah kenapa, pada bulan baik ini kejahatan pembegalan di jalan marak lagi. Di sini kewaspadaan dan kejelian pengendara wajib ditingkatkan," ujarnya, saat dihubungi iNews.id, baru-baru ini.

Agus menyarankan, untuk mengantisipasi tindak kejahatan begal di jalan, sebaiknya memilih waktu yang tepat untuk berkendara. Jika terpaksa pulang larut malam usahakan ada teman.

"Kemudian pilih rute yang aman, ramai dan banyak penerangan. Kalau ada kendaraan yang mencurigakan, jangan panik, segera cari tempat ramai syukur-syukur ada kantor polisi di rute jalan yang ditempuh," katanya.

Hal lain untuk terhindar dari begal adalah meningkatkan kemampuan berkendara. Namun perlu diingat, tetap waspada dan hati-hati dengan pengendara lain, agar tidak terjadi kecelakaan.

"Kemampuan berkendara juga dapat menjadi satu tips untuk dapat menghindari kejahatan begal di jalan raya. Apabila melintas di jalan sepi dan rawan, pacu kendaraan dengan kontrol yang baik," ujar Agus.


Editor : Dani Dahwilani