Tips Merawat Rem Sepeda Motor agar Tidak Cepat Rusak

Riyandy Aristyo ยท Senin, 15 Juni 2020 - 23:13 WIB
Tips Merawat Rem Sepeda Motor agar Tidak Cepat Rusak

Ada tips khusus merawat rem sepeda motor agar tidak cepat rusak. (Foto: Autoevolution)

JAKARTA, iNews.id - Rem adalah komponen yang paling vital pada setiap kendaraan. Untuk itu, wajib hukumnya memeriksa bagian rem secara berkala agar bisa terus bekerja dengan optimal.

Pemilik bengkel Beji's Motor, Anjas Marbun mengatakan, meski tidak berpengaruh pada mesin jika komponen rem tidak dirawat dengan baik, risikonya sangat serius, bahkan berdampak pada kematian.

"Setiap rem pada kendaraan itu tidak memengaruhi kinerja mesin. Tapi, kalau rem motor tidak dirawat akan menimbulkan sejumlah masalah," katanya saat dihubungi iNews.id, Senin (15/6/2020).

Menurut Anjas, rem sepeda motor selalu terkena debu maupun kotoran dari jalan raya. Jika dibiarkan terlalu lama, kotoran tersebut akan mengendap dan menyebabkan rem menjadi macet.

"Kotoran yang tertimbun di rem dapat mengakibatkan rem mengunci sendiri (macet). Meski sepeda motor masih bisa berjalan, lama-kelamaan rem itu akan panas dan berdampak pada part lainnya seperti kaliper yang rusak," kata Anjas.

Parahnya lagi jika rem tidak dirawat, bisa menyebabkan rem blong akibat adanya komponen yang bocor. Saat terjadi rem blong, biasanya rem akan terasa enteng jika ditekan.

"Paling membahayakan kalau rem tidak dirawat, maka bisa menyebabkan rem menjadi blong. Karena seal-nya bocor dan saat menginjak rem maka akan terasa enteng," ujarnya.

Tak hanya itu, kalau rem tidak dirawat dengan baik, dipastikan kenyamanan berkendara akan berkurang. Begitu juga dengan konsumsi bahan bakar yang menjadi boros.

"Pastinya, kalau rem bermasalah, baik rem tromol maupun cakram, berkendara jadi tak nyaman. Ban terasa seperti tidak stabil atau oleng. Efek lainnya bahan bakar jadi boros dan tenaga sepeda motor juga akan hilang," ujar Anjas.

Editor : Tuty Ocktaviany