Tips Touring Bersepeda Motor bagi Perempuan dari Donna Agnesia

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 14 September 2019 - 07:15 WIB
Tips Touring Bersepeda Motor bagi Perempuan dari Donna Agnesia

Donna Agnesia mengingatkan safety riding tidak hanya wajib diperhatikan pengendara, tapi juga penumpang perempuan. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Touring atau berpetualang mengandarai sepeda motor tidak hanya disukai kaum pria, tapi juga perempuan. Banyak dari mereka ikut touring walau hanya sebagai boncenger (penumpang).

Salah satunya artis dan presenter cantik, Donna Agnesia. Dia mengaku ketagihan riding menggunakan sepeda motor bersama suaminya, Darius Sinathrya, yang baru saja menyelesaikan perjalanan jauh melintasi Pegunungan Himalaya.

Donna pun berbagi tips perjalanan nyaman dan aman saat touring. Dia menyebutkan safety riding tidak hanya wajib diperhatikan pengendara, tapi juga penumpang.

"Jujur, ini pertama kali aku riding yang jalurnya jauh dan menantang. Darius selalu ingetin perlengkapan safety riding harus sama dengan yang dipakai pengemudi," kata Donna, saat ditemui iNews.id di Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Menurut Donna, touring jarak jauh dengan pria bukanlah hal yang bisa begitu mudah dijalani. Problemnya tidak hanya fisik, tetapi juga adaptasi.

"Di touring ini tidak bisa dipungkiri, aku jadi satu-satunya wanita. Cara adaptasi awalnya memahami, kemudian mengikuti, kemudian menyesuaikan ritme," ujarnya.

Melalui tiga tahapan tersebut, Donna bisa menunjukkan rasa nikmatnya touring jarak jauh atau sekadar riding dalam kota. "Biasanya aku hanya sunmori (sunday morning ride) dari BSD ke Bintaro. Kali ini jauh, jadi persiapan dan adaptasinya berbeda," katanya.

Satu tips lain dari ibu tiga anak ini adalah fisik. Menurutnya, seorang wanita yang ikut touring harus sadar fisik dan menyiapkan diri. "Tips riding sama laki-laki harus siapkan fisik karena stamina perempuan pastinya tidak sama dengan cowok," kata Donna.

Donna Agensia dan Darius Sinatrhya


Editor : Dani Dahwilani