16 Tahun di Indonesia Penjualan Daihatsu Xenia Tembus 670.000 Unit

Dani M Dahwilani ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 09:32 WIB
16 Tahun di Indonesia Penjualan Daihatsu Xenia Tembus 670.000 Unit

Sejak diluncurkan pada 2004 hingga April 2020, low MPV Daihatsu Xenia telah terjual lebih dari 670.000 unit. (Foto: Dok/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Sejak diluncurkan pada 2004 hingga April 2020, low MPV Daihatsu Xenia telah terjual lebih dari 670.000 unit dan menjadi salah satu model favorit di Indonesia. Ini menjadikan banyak merek memasuki segmen mobil keluarga tersebut.

Terbukti pada 2004, hanya ada dua merek low MPV, Xenia dan kembaraannya Avanza. Namun, sekarang terdapat tujuh merek yang bersaing di segmen ini.

Xenia mengalami beberapa perubahan model sebanyak dua generasi. Grand New Xenia hadir dengan desain dan fitur yang lebih stylish, performa dan kenyamanan yang lebih baik, serta hadir dengan total 10 varian.

“Kami bersyukur, walaupun sudah 16 tahun sejak pertama kali diluncurkan pada 2004, di segment MPV Low, Daihatsu Xenia masih tetap dipercaya dan menjadi yang terlaris ketiga dipilih masyarakat Indonesia per YTD (year to date) April 2020,” ujar Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra dalam keterangan persnya, Jumat (22/5/2020).

Berdasarkan data Gaikindo, hingga empat bulanan (Januari-April 2020), penjualan ritel pasar otomotif nasional mencapai sekitar 243 ribu unit atau turun 28,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sementara itu pada periode yang sama, penjualan ritel Daihatsu mencapai 44.346 unit dengan penurunan sekitar 26,9 persen. Walaupun terdapat penurunan secara volume pada pasar otomotif Nasional, penjualan Daihatsu selama empat bulan pangsa pasar naik menjadi 18,2 persen.

"Pada segmen low MPV, walaupun mengalami penurunan, segmen ini masih menjadi kontributor terbesar di pasar otomotif Indonesia. Tercatat, penjualan ritel hingga 4 bulan pada tahun ini, MPV berkontribusi sekitar 20,8 persen dari total pasar otomotif Indonesia," katanya.

Pada periode yang sama, Daihatsu Xenia menjadi mobil MPV Low terlaris ketiga dan telah terjual lebih dari 5.000 unit, dengan pangsa pasar 10,1persen dalam kurun waktu 4 bulan. "Ini membuktikan bahwa Xenia yang telah berkiprah selama lebih dari 16 tahun, tetap dipercaya menjadi salah satu mobil MPV terbaik pilihan keluarga dan masyarakat Indonesia," ujar Amelia.

Editor : Dani Dahwilani