Ada PSBB, Penjualan Online Mobil Honda April Naik 20 Persen

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 21:27 WIB
Ada PSBB, Penjualan Online Mobil Honda April Naik 20 Persen

Jumlah konsumen Honda melalui pembelian online meningkat 20 persen sepanjang April 2020, dari total penjualan mobil Honda sebanyak 1.855 unit. (Foto: Honda)

JAKARTA, iNews.id - Penjualan mobil online di tengah pandemi Covid-19 menjadi tren baru bagi produsen otomotif di Indonesia. Ini dimanfaatkan PT Honda Prospect Motor di tengah penurunan penjualan kendaraan terkait pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa kota dan kabupaten.

Business Innovation and Marketing and Sales Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy mengatakan, jumlah konsumen melalui pembelian online meningkat 20 persen sepanjang April 2020, dari total penjualan mobil Honda sebanyak 1.855 unit. Angka ini turun 82 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Sementara itu, penjualan akumulatif Honda pada Januari-April 2020 sebanyak 37.033 unit. Capaian tersebut lebih rendah dibanding Januari-April 2019 yang mencapai 50.457 unit.

"Peningkatan pembelian mobil secara online dipengaruhi, antara lain pembatasan aktivitas konsumen di luar rumah dan juga perilaku konsumen yang semakin terbiasa belanja melalui daring," ujarnya, baru-baru ini.

Yusak menambahkan, pihaknya kini menggandeng sejumlah situs e-commerce untuk memudahkan konsumen membeli mobil secara online. "Kami melihat hal ini akan terus meningkat setelah kita memasuki era normal yang baru nanti," ujarnya.

Sejalan dengan tren tersebut, Honda menawarkan program 'Beli Honda di Rumah Aja'. Setiap pembelian Honda Mobilio dan Honda BR-V yang dilakukan secara online, konsumen akan mendapatkan gratis cicilan sebanyak 3 bulan.

Konsumen yang melakukan pembelian mobil melalui e-commerce mendapatkan berbagai keuntungan. Seluruh program tersebut berlaku di seluruh dealer Honda Indonesia selama periode Mei dan Juni 2020. 

Editor : Dani Dahwilani