Alasan Isuzu Ekspor Perdana Truk Pikap Traga ke Filipina

Dani M Dahwilani ยท Jumat, 13 Desember 2019 - 09:41 WIB
Alasan Isuzu Ekspor Perdana Truk Pikap Traga ke Filipina

Sebagai pasar terbesar kedua setelah Indonesia, penjualan kendaraan pikap Isuzu di Filipina cukup baik. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

JAKARTA, iNews.id - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) baru saja meresmikan ekspor perdana truk pikap Isuzu Traga ke Filipina. Tujuan pertama ekspor yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut adalah Filipina.

Apa alasan Isuzu memilih ekspor pertama ke Filipina? "Pasar paling besar Isuzu adalah Indonesia. Kedua Filipina. Itu alasannya Filipina menjadi tujuan ekspor pertama kami," ujar Presiden Direktur PT IAMI, Ernando Demily di Karawang, Jawa Barat.

Dia mengungkapkan, pasar kendaraan pikap di Filipina cukup baik. Pada 2018, Isuzu membukukan penjualan 8.000 unit untuk model pikap di kelas medium. "Secara karakter antara pasar Indonesia dan Filipina hampir sama. Namun, saya memperkirakan pasar di Filipina akan terus naik," kata Ernando.

PT IAMI sendiri akan mengekspor Isuzu Traga sebanyak 6.000 unit hingga akhir 2020 dengan kontribusi bagi devisa negara sekitar 66 juta dolar AS per tahun.

Mobil ini dibangun di pabrik Isuzu Karawang Plant yang memiliki luas lahan 30 hektare dengan kapasitas regular 52.000 unit per tahun dan dapat dioptimalkan hingga 80.000 unit per tahun. Fasilitas ini menyerap lebih dari 4.000 tenaga kerja. Selain Traga, pabrik Isuzu Karawang juga merakit Isuzu Giga, Isuzu Elf dan P series.

Editor : Dani Dahwilani