Dikenakan Pajak Barang Mewah, Siap-Siap Harga Mobil LCGC Akan Naik

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 01 Oktober 2019 - 09:05 WIB
Dikenakan Pajak Barang Mewah, Siap-Siap Harga Mobil LCGC Akan Naik

Mobil LCGC akan dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang menyebabkan harga naik. (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNews.id - Kehadiran mobil murah ramah lingkungan (LCGC) telah mendapatkan respons besar dari konsumen Indonesia. Namun, segmen LCGC yang menjadi program unggulan pemerintah ini akan dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Artinya, harga mobil entry level tersebut akan naik. Apa alasannya? Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kemenperin, Putu Juli Ardika mengatakan, pajak yang dikenakan pada LCGC sudah disesuaikan dengan kemampuan konsumen mobil ini.

"Itu sudah kita bahas di panitia antar-kementerian dan sudah sepakat. Pajaknya sesuai dengan yang diusulkan waktu dikonsultasikan," kata Putu di Balai Kartini, Jakarta, baru-baru ini.

Dia mengklaim, meski harga LCGC naik minat masyarakat Indonesia terhadap mobil di segmen tersebut masih banyak.

"Jadi hanya faktor kenaikan pada inflasi dan sebagainya saja. Sekarang ini inflasinya dikurangi, masuk program yang ini, jadi tidak akan berpengaruh," ujarnya.

Putu menjelaskan ada beberapa faktor besar yang berpengaruh pada kenaikan harga kendaraan, yakni pengembangan teknologi dan fitur keamanan yang disematkan.

"Jadi, kita melihat dari fitur keamanan, seperti pasang airbag, dari model manual menjadi matik, dan sebagainya. Ini berpengaruh pada kenaikan harga," kata Putu.

Editor : Dani Dahwilani