Pasar Nasional Lesu, Penjualan Ritel Daihatsu Turun 6,4 Persen

Dani M Dahwilani · Senin, 13 Mei 2019 - 11:05:00 WIB
Pasar Nasional Lesu, Penjualan Ritel Daihatsu Turun 6,4 Persen
Penjualan retail Daihatsu mengalami penurunan sebesar 6,4 persen dan whole sale susut 5,2 persen, pada Januari-April 2019. (Foto: Dok/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Daihatsu melaporkan pencapaian penjualannya pada Januari hingga April 2019. Tercatat total penjualan Daihatsu dari dealer ke konsumen (retail sales) mencapai 60.706 unit, dan penjualan dari pabrik ke dealer (whole sales) 66.825 unit.

Adapun penjualan retail sales pasar otomotif nasional hingga April 2019 sebanyak 340.118 unit, turun sekitar 11,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Demikian pula untuk whole sales berada di angka 337.321 unit, turun sekitar 14,4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Penjualan retail Daihatsu juga mengalami penurunan sebesar 6,4 persen, dan 5,2 persen untuk whole sales. Meski demikian, Daihatsu mengklaim penurunan ini masih lebih kecil dibandingkan penurunan pasar. Di mana secara pangsa pasar (market share) Daihatsu mengalami kenaikan menjadi 17,8 persen untuk retail sales, dan 19,8 persen untuk whole sales.

“Walaupun penjualan Daihatsu turun sedikit tahun ini, kami masih bersyukur karena penurunan masih lebih baik dibanding penurunan pasar. Kami mengucapkan terima kasih kepada pelanggan yang telah memilih Daihatsu sebagai kendaraannya,” ujar Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra dalam siaran persnya kepada iNews.id, Senin (13/5/2019).

Penjualan retail sales Daihatsu masih didominasi Sigra dengan torehan 16.860 unit (27 persen), diikuti Gran Max (PU) 12.065 unit (19,9 persen). Untuk penjualan Xenia, Terios, dan Ayla berada di kisaran angka lebih dari 8.000 unit dengan kontribusi sekitar 13-14 persen.

Editor : Dani M Dahwilani