Penjualan Mobil Nasional Turun, Market Share Daihatsu 18,3 Persen

Dani M Dahwilani · Selasa, 16 April 2019 - 12:15:00 WIB
Penjualan Mobil Nasional Turun, Market Share Daihatsu 18,3 Persen
Meski penjualan turun, pangsa pasar (market share) Daihatsu mengalami kenaikan jadi 18,3 persen. (Foto: Daihatsu)

JAKARTA, iNews.id - Daihatsu melaporkan total penjualan dari dealer ke konsumen (retail sales) pada kuartal pertama (Januari-Maret) 2019 mencapai 47.490 unit. Sementara penjualan dari pabrik ke dealar (whole sales) sebanyak 50.699 unit.

Adapun penjualan retail sales mobil nasional hingga Maret 2019 sebanyak 259.491 unit, turun 10,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Tidak berbeda dengan whole sales nasional, berada di angka 253.863 unit, turun sekitar 13 persen dibanding periode 2018.

Penjualan Daihatsu juga mengalami penurunan 1,7 persen untuk retail sales, dan 1,8 persen untuk whole sales. Penurunan ini lebih kecil dibandingkan dengan penurunan pasar, sehingga secara pangsa pasar (market share) Daihatsu mengalami kenaikan menjadi 18,3 persen untuk retail sales, dan 20 persen untuk whole sales.

“Kami bersyukur, walaupun penjualan Daihatsu turun sedikit tahun ini, masih lebih baik dari penurunan pasar. Kami mengucapkan terima kasih kepada pelanggan yang telah memilih Daihatsu sebagai kendaraannya,” ujar Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, dalam keterangan tertulisnya kepada iNews.id, Selasa (16/4/2019).

Penjualan retail sales Daihatsu didominasi Sigra dengan 12.834 unit (27 persen), diikuti Gran Max (PU) 9.731 unit (20,5 persen). Untuk Xenia, Terios, dan Ayla berada di kisaran angka sekitar 13-14 persen.

Editor : Dani M Dahwilani