Perkuat Pembiayaan Kendaraan, MTF Gandeng Mahasiswa Kembangkan Layanan Digital

Dani M Dahwilani ยท Kamis, 16 Januari 2020 - 07:59 WIB
Perkuat Pembiayaan Kendaraan, MTF Gandeng Mahasiswa Kembangkan Layanan Digital

MTF meningkatkan layanan digitalnya dengan merangkul generasi milenial dari mahasiswa perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Memasuki era digital, perusahaan pembiayaan kendaraan Mandiri Tunas Finance (MTF) terus berinovasi dalam mengembangkan layanannya. Terlebih, tantangan bisnis pembiayaan semakin sengit sehingga dibutuhkan layanan inovatif.

Menanggapi itu, MTF meningkatkan layanan digitalnya dengan merangkul generasi milenial dari mahasiswa perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Mereka diajak berinovasi dalam layanan digital melalui MTF Business Case Competition 2019.

Direktur Utama MTF Arya Suprihadi mengemukakan, Mandiri Tunas Finance Business Case Competition merupakan wadah bagi generasi milenial dalam menyalurkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam dunia bisnis.

"Kami sangat bangga atas tingginya antusiasme para peserta, di mana pendaftar yang masuk mencapai 364 orang yang berasal dari perguruan tinggi terkemuka,” ujarnya di Jakarta.

Mengusung tema “Digital business innovation using information technology for Multifinance Business”, sesi penilaian akhir dari para finalis digelar di Jakarta, pada 15 Januari 2020. Dari hasil seleksi, terserap 30 orang yang tergabung dalam 10 kelompok perawakilan perguruan tinggi.

Mereka antara lain berasal dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Diponegoro (Undip) dan sebagainya.

“Melalui ajang ini, kami berharap dapat mendorong semangat dalam menghadapi era digital. Ini sejalan dengan tema Strengthening Business through Digital Ecosystem and Product Diversification yang tengah dicanangkan sebagai corporate planning MTF tahun ini,” Arya menambahkan.

Semua proposal inovasi bisnis berupa aplikasi dan presentasi yang telah masuk dinilai langsung oleh dewan juri terdiri atas seluruh Board of Directors (BOD) MTF dan pihak eksternal, yaitu Aria Widyanto selaku Chief Risk and Sustainability Officer Amartha serta Rahmat Harlyadi selaku Chief of Marketing DailySocial.

Tampil sebagai juara pertama dalam ajang ini, kelompok mahasiswa dari Universitas Dipenogoro, juara kedua dari UI, dan juara ketiga dari ITB. Pemenang pertama berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp20 juta dan berwisata ke Korea Selatan, juara kedua mendapat hadiah Rp10 juta dan juara ketiga Rp7,5 juta.

Menariknya, mahasiswa pemenang dalam kompetisi ini diberikan kesempatan magang dan setelah lulus direkrut sebagai karyawan MTF melalaui program management training.

"Kami melihat cara mereka berpikir segar dan baik sehingga dibutuhkan perusahaan. Mereka akan kami tempatkan pada berbagai bidang di MTF melalui program management training selama satu tahun. Selanjutnya, mereka akan ditempatkan sesuai dengan kekuatannya. Mereka menjadi calon pemimpin MTF di masa depan," ujar Arya.

Inovasi dari mahasiswa ini akan digunakan perusahaan untuk memperkuat layanan digital perusahaan, MTF GO Mobile Application. Di mana MTF GO merupakan aplikasi yang membantu konsumen mendapatkan informasi mengenai simulasi kredit kendaraan bermotor, produk dan program perusahaan dalam satu genggaman.

Editor : Dani Dahwilani