Sektor Vital, Airport Solutions Indonesia Percepat Pengembangan Transportasi

Dani M Dahwilani ยท Rabu, 04 Desember 2019 - 17:27 WIB
Sektor Vital, Airport Solutions Indonesia Percepat Pengembangan Transportasi

Dibutuhkan sistem dan infrastruktur teintegrasi mulai dari teknologi, sektor otomotif hingga sarana dan prasarana lainnya. (Foto: ASI 2019)

JAKARTA, iNews.id - Bandara menjadi sektor vital dalam sistem transportasi. Untuk itu, dibutuhkan sistem dan infrastruktur teintegrasi mulai dari teknologi, sektor otomotif hingga sarana dan prasarana lainnya.

Langkah ini selaras dengan era revolusi industri 4.0. Untuk itu, Tarsus Indonesia bekerja sama dengan Ikatan Ahli Bandara Indonesia (IABI) menggelar pameran dan konferensi terkait infrastruktur bandara Airport Solutions Indonesia (ASI) 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), pada 4-5 Desember 2019. Isu yang diangkat adalah Implementation of Airport 4.0.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, melalui Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Polana Banguningsih Pramesti mengungkapkan, untuk mewujudkan pelayanan transportasi udara yang selamat, aman dan nyaman diperlukan sarana dan prasarana, serta fasilitas penunjang transportasi udara yang memenuhi standar. Ini disesuaikan dengan perkembangan teknologi yang sudah memasuki Revolusi Industri 4.0.

"Kementerian Perhubungan mendukung penyelenggaraan Airport Solution Indonesia 2019 yang mengangkat tema The Hub for Implementation of Airport 4.0. Melalui kegiatan ini diharapkan tiap stakeholder di dalam ekosistem transportasi udara berperan aktif guna menjaring ide dan inovasi serta memetakan potensi dan hambatan guna mewujudkan implementasi Airport 4.0," ujarnya, dalam keterangan pers kepada iNews.id, Rabu (4/12/2019)

Airport Solutions Indonesia 2019 dirancang khusus sebagai salah satu platform yang menyediakan beragam solusi inovatif dalam industri penerbangan dan kebandarudaraan, dengan menghadirkan beragam produk dan teknologi terbaru untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan serta kepuasan pelanggan bandara udara. Event ini dihadiri berbagai elemen industri penerbangan dan kebandarudaraan, baik pemerintah, otoritas penerbangan, operator bandara dan stakeholders lainnya.

ASI 2019 dikemas dengan menyajikan beragam fasilitas yang dibutuhkan untuk mengakomodasi seluruh rantai bisnis industri airport solutions yang menghubungkan supplier dengan para pemangku kepentingan industri utama dan para pengambil keputusan. Ajang ini juga mempelajari beragam permasalahan industri penerbangan, sekaligus menemukan solusi dalam program konferensi yang inovatif.

“Sebagai acara tahunan, Airport Solutions Indonesia bertujuan menjadi forum diskusi dalam mempercepat pengembangan bandara di seluruh Indonesia. Sesuai dengan latar belakang kebijakan pemerintah dalam mengembangkan industri dan infrastruktur bandara di Indonesia, forum kembali menghadirkan upaya perencanaan strategis dari para pengambil keputusan di sektor publik, termasuk mendengarkan praktik terbaik Indonesia dan solusi inovasi dari para pemimpin sektor swasta,” kata Ketua Umum IABI sekaligus Ketua Steering Comitee ASI 2019 M Ikhsan Tatang.

Tahun ini merupakan edisi ketujuh penyelenggaraan Airport Solutions Indonesia (ASI) di Indonesia. Pada tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaraan tergabung dalam Indonesia Infrastructure Week, serta Cyber Security Indonesia pada 2017 dan 2018.


Editor : Dani Dahwilani