Mobil Hybrid Plug-In Pertama Subaru Meluncur Akhir 2018

Riyandy Aristyo ยท Senin, 14 Mei 2018 - 23:31 WIB
Mobil Hybrid Plug-In Pertama Subaru Meluncur Akhir 2018

Subaru bakal meluncurkan mobil hybrid plug-in pertama Crosstrek Hybrid pada akhir 2018. (Foto: Auto Blog)

TOKYO, iNews.id - Mengikuti jejak Honda, Toyota dan Suzuki, Subaru akan meluncurkan mobil anyarnya pada akhir 2018. Mobil yang diberi nama Crosstrek Hybrid ini merupakan model hybrid plug-in (mobil semi listrik) pertama yang diluncurkan Subaru.

Dikutip dari Auto Blog, Senin (14/5/2018), Crosstrek Hybrid akan mulai dijual di Amerika Serikat (AS) menjelang akhir tahun dan akan menjadi versi styling paling unik, ramah lingkungan dari crossover yang populer.

Sayang, pabrikan yang bermarkas di Shibuya ini masih menutup rapat informasi mengenai mobil tersebut. Namun, mereka menegaskan model ini akan menjadi bagian dari Global Platform Subaru karena telah dirancang untuk mengakomodasi powertrain hybrida dan listrik.

Meskipun menggunakan platform Subaru dan menggunakan salah satu mesin boxer empat silinder, Crosstrek Hybrid akan memiliki sistem plug-in hybrida dari Toyota.

Pejabat teknis utama perusahaan, Takeshi Tachimori menyatakan, model tersebut akan sangat dipengaruhi Toyota Prius Prime. Crossover ini kemungkinan akan menggunakan sistem hybrid plug-in yang sama dengan memiliki transmisi variabel kontinyu yang dikendalikan secara elektronik, dua motor listrik, dan baterai lithium-ion berkapasitas 8,8 kWh.

Tidak ada kata tentang seberapa kuat Crosstrek Hybrid nantinya, tetapi Prius Prime memiliki output gabungan sebesar 121 hp. Model ini juga dapat menempuh hingga 25 km hanya dengan listrik.

Subaru mengatakan model all-wheel drive (AWD) akan memiliki kemampuan yang sama dengan Crosstrek standar, tetapi dengan manfaat tambahan dari peningkatan efisiensi bahan bakar. Perusahaan melanjutkan dengan mengatakan model dapat didukung secara eksklusif oleh listrik atau dengan kombinasi mesin bensin dan motor listrik.

Tachimori menyebutkan, mobil ini akan tersedia di negara-negara yang mengikuti program Zero Emission Vehicle California. Artinya, Crosstrek Hybrid dapat diluncurkan di beberapa daerah, seperti California, Connecticut, Maine, Massachusetts, New York dan Oregon.


Editor : Dani Dahwilani