Lampu Kendaraan Berembun, Perhatikan Bagian Komponen Ini

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 17 Mei 2018 - 06:35 WIB
Lampu Kendaraan Berembun, Perhatikan Bagian Komponen Ini

Proses pengembunan lampu kendaraan terjadi akibat kondisi sil atau mika rumah lampu sudah tidak bagus serta bercelah. (Foto: YouTube)

DEPOK, iNews.id - Lampu merupakan komponen penting pada kendaraan. Salah satu masalah yang paling sering dihadapi pemilik kendaraan adalah munculnya embun pada lampu.

Mahmud Wibowo, pemilik bengkel Cahaya Motor mengatakan, lampu berembun dapat mengurangi cahaya yang dipancarkan lampu kendaraan. Sampai-sampai orang sulit membersihkan embun yang berada di dalamnya.

"Proses pengembunan ini terjadi akibat kondisi sil atau mika rumah lampu sudah tidak bagus atau bercelah. Kondisi tersebut bisa membuat air atau udara masuk ke dalam mika lampu," ujar Mahmud, saat berbincang dengan iNews.id.

"Akibatnya mika lampu menjadi berembun. Bahkan, bisa membuat genangan air di dalam rumah lampu," katanya.

Mahmud menuturkan, terbukanya mika kaca atau sil disebabkan karena kebiasaan buruk pemilik memarkirkan kendaraan di luar ruangan dan terpapar sinar matahari langsung.

"Panas matahari akan membuat sil kaku sehingga retak. Terbukanya sil juga bisa disebabkan usia pakai komponen," ujar Mahmud.

Bila menemukan lampu kendaraan yang berembun, sebaiknya segera lakukan tindakan. Lampu berembun akan membuat warna mika kusam.

Lampu yang kusam biasanya diakibatkan jamur yang tumbuh subur di tempat lembab. Semakin kusam lampu, semakin buruk penerangannya dan mengurangi keindahan tampilan kendaraan.

Selain itu, potensi korsleting akibat embun atau air di dalam lampu sangat besar. Jaringan kelistrikan lampu atau jaringan kelistrikan lainnya yang terhubung di dalam rumah lampu akan rusak karena ada komponen yang terkelupas.

Untuk membersihkan embun dari rumah lampu sebenarnya cukup mudah. Nyalakan lampu seperti biasa dalam beberapa menit. Panas dari lampu akan membuat embun menghilang dengan sendirinya.

"Namun, cara ini juga tergantung pada pori-pori lampu utama. Bila embun sudah menjadi genangan air, tidak ada cara selain membuka mika lampu tersebut," katanya.

Dia menerangkan, periksa bagian belakang rumah lampu. Lihat bagian lubang udara apakah tersumbat atau tidak. Kalau tersumbat, bersihkan dengan lap bersih agar kotoran tidak menempel. Keluarkan embun dari mika lampu dengan melepasnya searah jarum jam.

"Ketika mika sudah terlepas, nyalakanlah lampu selama beberapa menit hingga embun hilang. Kemudian keringkan dan bersihkan, lalu pasang kembali mika lampu dengan rapat jangan sampai timbul celah sedikitpun," ujar Mahmud.


Editor : Dani Dahwilani