CBR1000RR Bermasalah, Honda Siapkan Jurus Pamungkas

Riyandy Aristyo · Rabu, 16 Mei 2018 - 23:27 WIB

Gagal torehkan hasil positif, Honda dikabarkan tengah mengembangkan tampilan dan mesin baru pada CBR1000RR. (Foto: Drive Spark)

TOKYO, iNews.id - Honda sepertinya tengah memiliki masalah pada performa CBR1000RR yang dinilai tidak sanggup menorehkan hasil positif. Padahal, motor tersebut sudah dibekali berbagai fitur canggih guna menunjang dapur pacunya.

Beredar kabar, pabrikan motor bermarkas di Jepang tersebut tengah mengembangkan tampilan dan mesin baru pada CBR1000RR.

Dikutip dari Drive Spark, Rabu (16/5/2018), All New Honda CBR1000RR akan memiliki mesin layaknya RC213V di ajang MotoGP dengan konfigurasi V4. Untuk performa tentunya tak akan mengecewakan dengan tenaga di atas 200 hp. Kuda besi ini akan melakoni debut pada 2019, di ulang tahun Honda ke-70.

Saat ini, Honda CBR1000RR masih mengusung mesin 4-silinder inline berkapasitas 999 cc yang dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan. Dapur pacu tersebut mampu memompakan daya sebesar 189 hp dan torsi 114 Nm.

Tak hanya mesin, sasis pun mendapat perbaikan. Diprediksi rangka baru Honda CBR1000RR akan menggunakan cast-aluminim semi-monocoque yang lebih rigid layaknya Honda RC213V. Namun, komponen tersebut akan sedikit mengalami penurunan untuk menjaga harganya tetap bersaing dengan produk kompetitor.

Selain itu, Honda CBR1000RR akan menggunakan full LED lighting dan buntut dengan desain yang lebih aerodinamis. Menariknya, motor ini akan dilengkapi winglet untuk menyambut regulasi WSBK terbaru yang memperbolehkan pesertanya menggunakan part tersebut.

Jika desain body, sasis, dan mesin benar seperti prediksi di atas, bisa dibilang Honda menghadirkan motor MotoGP versi jalan raya melalui All New CBR1000RR. Detail mengenai motor ini disebutkan akan muncul pada bulan depan.

Motor yang dikenal dengan nama Fireblade ini akan menjadi pesaing kuat Yamaha YZF-R1M, BMW S1000RR, Suzuki GSX-R1000, dan Aprilia RSV4 serta sederet motor sport-fairing 1.000cc lainnya.


Editor : Dani Dahwilani

KOMENTAR