Mobil Boros Bensin, Periksa dan Perbaiki Bagian Ini

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 18 Mei 2018 - 06:41 WIB
Mobil Boros Bensin, Periksa dan Perbaiki Bagian Ini

Banyak faktor yang menyebabkan mobil tiba-tiba boros bahan bakar, antara lain filter udara kotor, ada kerak di ruang mesin, piston uas. (Foto: Dok/ADM)

JAKARTA, iNews.id - Perjalanan mudik menggunakan mobil pribadi pas dilakukan bersama keluarga. Selain nyaman, biaya yang dikeluarkan tidak terlalu banyak dibandingkan menggunakan transportasi lain.

Tapi, bagaimana jika mobil yang dikendaraai ternyata boros. Sama saja dengan harus menyiapkan dana ekstra untuk bahan bakar.

Dikutip dari situs resmi Daihatsu, Jumat (18/5/2018), banyak faktor yang menyebabkan mobil tiba-tiba boros bahan bakar. Berikut beberapa komponen yang harus Anda perhatikan:

1. Filter udara kotor

Kotornya filter udara menyebabkan terjadinya hambatan aliran udara yang kurang baik. Hal ini dapat menurunkan performa mobil Anda terutama di bagian dapur pacu dan menimbulkan gejala ngelitik (knocking).

2. Ada kerak di ruang mesin

Selain kebersihan filter udara, Anda juga harus mengecek kerak yang terjadi di ruang mesin yang sulit sekali untuk dihindari. Adanya kerak dapat membuat volume ruang bahan bakar menjadi lebih kecil sehingga tenaga mesin yang dihasilkan berkurang.

3. Tersumbatnya lubang nozzle injektor

Lubang nozzle injektor yang ada saat ini dibuat sangat kecil sehingga mudah tersumbat. Sehingga pembakaran dari bensin menjadi tidak sempurna dan dapat mengurangi efisiensi bahan bakar mobil Anda.

4. Piston dan ring piston aus

Bila piston dan ring piston terkikis kompresi kendaraan pasti berkurang. Hal ini berdampak pada performa mesin yang menurun. Jangan heran tarikan tenaga menjadi loyo dan bahan bakar cepat habis.

Memperhatikan keempat komponen tersebut, diharapkan bisa menjadi solusi bagi pemilik mobil yang ingin menggunakan kendaraannya untuk pulang kampung.


Editor : Dani Dahwilani