Porsche 911 GT3 RS Masuk Jajaran Mobil Tercepat di Nurburgring

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 18 Mei 2018 - 10:01 WIB
Porsche 911 GT3 RS Masuk Jajaran Mobil Tercepat di Nurburgring

Porsche 911 GT3 RS masuk dalam jajaran mobil berperforma tinggi setelah membukukan waktu di bawah 7 menit dalam uji kecepatan di Sirkuit Nurburgring. (Foto: Motor1)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

NURBURGRING, iNews.id - Kabar menggembirakan datang dari Porsche. Salah satu mobil terbarunya 911 GT3 RS mampu menetapkan rekor sport cars tercepat di Sirkuit Nurburgring-Nordschleife, Jerman.

Ditopang tenaga 520 dk, kendaraan ini masuk dalam jajaran mobil berperforma tinggi Porsche setelah membukukan waktu di bawah 7 menit. Sebelumnya, telah ada nama 918 Spyder dan 911 GT2 RS.

Dilansir dari Motor Authority, Jumat (18/5/2018), Wakil Presiden Motorsport dan Mobil GT, Frank Steffen Walliser mengungkapkan, tidak ada model Porsche lainnya yang mendekati mobil balap seperti GT3 RS baru. Banyak ide inovatif dari motorsport yang diaplikasikan pada 911 GT3 RS.

"Ada tiga target yang ingin dicapai Porsche dari 911 GT3 R, yaitu aerodinamika yang efisien, keamanan optimal, serta menurunkan biaya servis dan suku cadang," ujarnya.

Desain bodi dari GT3 RS memiliki konstruksi komposit baja-aluminium yang telah terbukti menjadi dasar yang ideal untuk mobil balap. Tapi bagian atap, kap depan, fairing, lengkungan roda, pintu samping dan bagian belakang serta trim interior terbuat dari bahan serat karbon komposit (CFRP). Sementara jendela menggunakan polikarbonat.

Untuk mesin, Porsche 911 GT3 R menggunakan engine 4.0 liter natural-aspirated flat-six yang sebagian besar identik dengan mesin mobil versi produksi. Injeksi bahan bakar langsung serta penyesuaian VVT dari camshaft intake dan exhaust memastikan penggunaan bahan bakar yang efisien.

Tenaga dari mesin yang dipasang di belakang melalui gearbox 6-percepatan dengan penggerak shift elektronik. Pengemudi mengubah gigi melalui steering paddles shift, serta kopling dikendalikan secara elektro-hidraulik sehingga menghilangkan kebutuhan pedal kopling membantu mobil melakukan start dengan cepat.

Ventilasi udara di lengkungan roda yang khas pada fairing depan meningkatkan downforce. Memiliki lebar 1.900 mm dengan kedalaman 400 mm, sayap belakang turut membantu memberikan keseimbangan aerodinamis. Lingkar ban dibuat besar dari 650 mm menjadi 680 mm. Penggunaan suspensi double wishbone baru meningkatkan kinerja pengereman.

Berbicara tentang rem, di depan ada six-piston alumunium monobloc racing brake yang dikombinasikan dengan disk 390 mm berventilasi dan beralur. Di bagian belakang ada four piston caliper dan cakram 370 mm.

Uniknya, untuk meningkatkan kinerja pit stop, sel bahan bakar pengaman FT3 berkapasitas 120 liter sekarang dapat diisi ulang dari kiri atau kanan tergantung pada tata letak sirkuit.

Untuk meningkatkan keamanan, pintu dan jendela samping dapat dilepas. Kursi racing baru – sekarang dipasang pada enam poin – memberi pengemudi perlindungan yang lebih baik jika terjadi kecelakaan. Bagian pintu pengemudi mendapat konstruksi aluminium Kevlar serat karbon dengan busa plastik yang menyerap energi.


Editor : Dani Dahwilani