DFSK Bangun Pabrik Mesin, RI Jadi Pusat Produksi Mobil Setir Kanan

Dani M Dahwilani · Minggu, 10 Juni 2018 - 14:31 WIB

Co-CEO PT Sokonindo Automobile Alexander Barus. (Foto; iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - PT Sokonindo Automobile, produsen mobil DFSK Glory 580, akan membangun pabrik mesin di kawasan Cikande, Serang, Banten, pada tahun ini. Langkah tersebut seiring dengan rencana perusahaan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi kendaraan setir kanan.

Co-CEO PT Sokonindo Automobile, Alexander Barus mengemukakan, pabrik mesin ini sebagai bukti komitmen perusahaan berinvetasi di Indonesia dengan melengkapi lini produksi DFSK. Secara bertahap Indonesia akan menjadi basis produksi mobil setir kanan yang akan diekspor ke sejumlah negara memiliki sistem kemudi sama.

"Indonesia akan menjadi basis produksi kendaraan setir kanan. Jika pabrik engine manufactur ini rampung, kami sudah memiliki semua lini produksi komponen kendaraan di Cikande, dari sasis, transmisi hingga mesin," ujarnya, di sela-sela Glory 580 Media Test Drive di Hotel Intercontinental, Bandung, beberapa waktu lalu.

Untuk membangun pabrik yang saat ini sudah beroperasi, DFSK mengucurkan investasi 150 juta dolar AS atau sekitar Rp2 triliun. Pabrik ini memiliki kapasitas produksi 50.000 unit per tahun.

"Pabrik mesin ini akan mendorong kandungan lokal produk DFSK dari sekitar 25 persen menjadi di atas 50 persen. Kalau sudah ada pabrik engine, apalagi yang tidak ada di pabrik kami di Cikande. Kunci untuk kemandirian produksi adalah pabrik engine," katanya.

Selain pabrik, tahun ini Sokonindo akan menambah jaringan dealer dan pelayanan purnajual dengan target 50 jaringan bengkel dan dealer di 17 kota besar Indonesia.

"Ini sangat penting. Jaringan dealer dan bengkel ini, menjadi bukti dan jaminan akan perawatan produk-produk DFSK. Apalagi kami menawarkan garansi hingga tujuh tahun," ujarnya.

Saat ini, Sokonindo Automobile memiliki dua produk, yakni pickup Supercab dan SUV DFSK Glory 580. Ke depan perusahaan akan meluncurkan model baru pada kelas berbeda dengan rentang harga Rp220 juta dan di atas Rp350 juta untuk mobil luxury.

Adapun DFSK Glory 580 hadir di pasaran dengan menawarkan empat varian, yakni Comfort 1.8L manual transmission (MT), Comfort 1.5L Continouos Varable Transmission (CVT), Luxury 1.5L MT, dan Luxury 1.5L CVT.

Varian Comfort 1.8L dibanderol Rp 245,9 juta, Comfort 1.5L CVT Rp 282 juta, Luxury 1.5L MT Rp 295 juta, dan Luxury 1.5L CVT Rp 308 juta.


Editor : Dani Dahwilani

KOMENTAR