5 Mobil Terbaru Cocok Dipakai Mudik Bersama Keluarga

Riyandy Aristyo · Minggu, 10 Juni 2018 - 17:17 WIB
5 Mobil Terbaru Cocok Dipakai Mudik Bersama Keluarga

Small MPV tujuh penumpang Mitsubishi Xpander. (Foto: Dok/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Pulang kampung bersama keluarga menggunakan mobil pribadi menjadi salah satu opsi terbaik. Namun, bagaimana jika mobil yang digunakan kurang nyaman, tentu akan merepotkan.

Salah satu pilihannya adalah menggunakan mobil baru. Mudik dengan mobil baru yang lapang dan nyaman serta didukung fitur oke, dapat membuat perjalanan Anda bersama keluarga lebih menyenangkan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima daftar mobil keluaran terbaru yang cocok mengantarkanmu mudik ke kampung halaman:

1. Mitsubishi Xpander

Xpander

MPV andalan Mitsubishi ini cocok untuk mengangkut keluarga saat mudik. Xpander yang dikenalkan saat GIIAS 2017 lalu berkapasitas tujuh penumpang dengan kabin lega berkat ground clearance yang tinggi.

Seating arrangement yang fleksibel juga bisa membuat perjalanan mudik semakin nyaman. Terlebih ditunjang dengan ruang kabin yang senyap dan nyaman berkat teknologi absorber dan insulator.

Ditawarkan mulai dari Rp192 juta, Xpander dibekali mesin 1.5L MIVEC DOHC 16-Valve. Mesin ini menghasilkan tenaga 103,18 hp pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 141Nm pada 4.000 rpm.

Pada sektor keamanan, Xpander memiliki ABS (Anti-Lock Braking System), hill start assist, pedestrian protection, active stability control emergency stop signal, dan dual SRS airbag.

Segala macam fitur keamanan tersebut, Xpander juga membuktikan diri sebagai MPV yang aman dengan mengantongi 4 bintang dalam uji tabrak di level Asia Tenggara.

2. Toyota All New Rush

Toyota Rush

Toyota telah menghadirkan All New Rush. Mobil ini memiliki dimensi yang lebih lapang karena lebih panjang 230 mm dibandingkan model sebelumnya, menjadi 4.435 mm dengan penempatan ban serep di bawah lantai belakang kendaraan.

Interior All New Rush didesain dengan konsep “True 7 Seater SUV” dilengkapi dengan tujuh seatbelt tiga titik dan 7 head rest sehingga meningkatkan keamanan penumpang. Jarak bangku baris kedua dengan bangku baris ketiga 700 mm, membuat penumpang baris ketiga jauh lebih nyaman dibandingkan model sebelumnya.

Panjang bagasi All New Rush mencapai 450 mm atau lebih panjang 150 mm dibandingkan generasi sebelumnya, sehingga bisa mengangkut barang bawaan lebih banyak.

Untuk menjaga kelincahan dengan DNA sebagai real SUV, lebar All New Rush dipertahankan 1.685 mm, begitu juga tinggi 1.705 mm dan jarak antar roda (wheel base) 2.685 mm. Dipadu dengan sistem gerak roda belakang, engine baru berteknologi Dual VVT-i (2NR) serta ground clearance yang tinggi (220 mm), All New Rush siap melintasi berbagai kondisi jalan. Teknologi Dual VVT-i membuat perf

3. DFSK Glory 580

DFSK Glory 580

Mobil SUV DFSK Glory 580 yang diluncurkan di Indonesia pada April lalu menawarkan dua macam kapasitas mesin, yakni 1.8 liter dan 1.5 liter. Versi 1.5 liter Glory 580 memiliki penguat mesin berupa turbo. Sementara varian lainnya berkapasitas 1.8 liter dan mengadopsi dapur pacu natural aspiration.

Kendaraan berkapasitas tujuh penumpang ini terkesan semakin mewah dengan sunroof yang identik dengan mobil-mobil Eropa. Bagian kabin pun cukup lega dengan tiga baris kursi plus bagasi sebesar 390 x 1960 mm.

Lampu depan berbentuk eagle-eyes. Di sisi samping terlihat bowsting shapped waistline tegas. Sementara bagian belakang mobil memiliki stoplamp berbentuk 'C'.

Fitur lain yang tak kalah dari SUV Jepang, seperti glass box, vehicle running recorder, multiple storage space, dan cruise control hingga pemantau tekanan udara dalam ban juga dimiliki Glory 580.

Di Indonesia, Sokonindo mengenalkan empat versi model Glory 580 yaitu Elite, Comfort, LUxury, dan Premium. Masing-masing dilengkapi dengan pilihan mesin 1.8L untuk transmisi manual dan 1.5L ntuk CVT. Sokon Glory 580 ini dibanderol dengan kisaran harga Rp 220 juta hingga Rp350 juta.

4. Wuling Cortez

Wuling Cortez

Satu lagi SUV pabrikan China yang mengobrak-abrik pasar otomotif Indonesia, Wuling Cortez. SUV ini meluncur setelah Wuling sebelumnya meluncurkan Wuling Confero.

SUV yang meluncur awal 2018 ini disebut memiliki segudang fitur mewah, namun harga bersahabat. Bahkan beberapa fitur Cortez, tak dimiliki oleh pesaingnya yakni Toyota Innova, di antaranya rem parkir elektrik, sun roof, dan pembuka jendela otomatis.

Keunggulan Cortez terlihat lebih dominan dengan sunroof yang umumnya dipakai untuk mobil-mobil mewah.

Menggunakna mesin 1.798 cc 4 silinder DOHC dengan fitur VVT-i, Cortez mampu menghasilkan tenaga 129 hp pada 5.600 rpm dan torsi 174 Nm pada 3.600 rpm.

Tak hanya memiliki varian 1.8L, April 2018 lalu Cortez juga memiliki varian 1.5L. Keduanya dibanderol dengan harga masing-masing mulai dari Rp 218 juta hingga Rp193,8 jutaan.

5. All New Ertiga

Ertiga

Generasi terbaru Ertiga ini hadir dengan kabin yang lebih lega. MPV berkapasitas tujuh penumpang ini pun hadir dengan mesin berbeda pula dari pendahulunya. Mobil ini dibekali mesin berkode K15B kapasitas mencapai 1.462 cc.

Penambahan jumlah kapasitas mesin Suzuki Ertiga 2018 terefleksi besaran diameter silinder yang lebih besar dan langkah lebih panjang, yakni 74.0 x 85.0 mm. Sementara model sebelumnya 73.0 x 82.0 mm.

Perbandingan kompresi pun ikut meningkat, yang semula hanya 10:1 kini menjadi 10,5:1. Tenaga yang dihasilkan pun lebih besar, yakni 103,2 hp pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm.

Generasi terbaru Ertiga yang diluncurkan pada April 2018 lalu, dibandrol dengan harga Rp 193 jutaan untuk tipe terendahnya (GA) dan Rp 238,5 jutaan untuk tipe tertingginya (GX ESP).


Editor : Dani Dahwilani