Tips Berkendara Aman dan Nyaman Mudik Lebaran, Perhatikan 5 Hal Ini

Riyandy Aristyo · Selasa, 12 Juni 2018 - 06:09 WIB
Tips Berkendara Aman dan Nyaman Mudik Lebaran, Perhatikan 5 Hal Ini

Bagi Anda yang melakukan perjalanan jauh mudik Lebaran, berkendaralah sesuai kemampuan, pahami jalur perjalanan, pastikan kondisi kendaraan prima. (Foto: Ilustrasi/Dok)

DEPOK, iNews.id - Mudik dengan mobil pribadi atau mobil rental memang menjadi salah satu pilihan favorit. Selain karena alasan kenyamanan, menggunakan mobil pribadi juga jadi salah satu solusi mudik tanpa harus direpotkan dengan antre tiket kendaraan umum atau berdesak-desakan.

Yan Putra Pratama, pemilik rental mobil Yan's Transpor di Sawangan, Depok menuturkan, ramainya arus mudik membuat pengendara harus siap menghadapi tantangan besar kemacetan. Bahkan, ramainya kendaraan pribadi pada arus mudik yang diperkirakan terus meningkat membuat perjalanan bisa saja menjadi kurang nyaman.

"Jika Anda ingin mudik Lebaran dengan kendaraan pribadi, ada baiknya untuk mempersiapkan dan memperhatikan beberapa hal saat perjalanan," ujarnya.

Yan pun memberikan beberapa tips berkendara yang aman dan nyaman saat mudik Lebaran:

1. Atur barang bawaan dengan baik

Saat mudik, kebanyakan orang akan membawa barang yang tidak sedikit. Mulai dari barang bawaan masing-masing anggota keluarga hingga oleh-oleh yang akan dibawa untuk keluarga di kampung halaman. Akibatnya, mobil jadi penuh sesak. Karena itu, agar perjalanan tetap nyaman, maka Anda perlu mengatur penempatan barang bawaan dengan baik.

"Barang-barang yang dirasa kurang perlu, sebaiknya tidak usah dibawa saja. Selain memakan tempat, bawaan berlebih hanya akan menambah beban kerja kendaraan dan tentu saja membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros," jelas Yan.

2. Berkendara sesuai kemampuan

Saat melakukan perjalanan jauh, jangan pernah memaksakan diri saat mulai terasa lelah. Usahakan untuk menepi dan beristirahat di tempat yang aman dan sudah disediakan jika tubuh dirasa sudah penat dan butuh istirahat.

Akan lebih baik jika saat mudik atau melakukan perjalanan jauh, Anda memiliki teman perjalanan yang dapat diajak bergantian mengemudi.

"Saat berkendara di arus mudik, jalanan akan jauh lebih padat dari biasanya. Sebisa mungkin mengemudi dengan tenang dan tidak mudah terpancing emosi," kata Yan.

"Jangan tersulut emosi karena tingkah pengemudi lain yang dirasa mengganggu. Pastikan saja Anda mengemudi sesuai ketentuan dan menjaga jarak aman dengan kendaraan lain," ujarnya.

3. Pahami jalur perjalanan

Meski sudah terbiasa melakukan perjalanan mudik dan sudah hapal jalur mudik, tetap pelajari perubahan kondisi perjalanan yang terjadi setiap tahun. Penambahan titik-titik peristirahatan, pos kesehatan dan juga berbagai letak fasilitas umum, seperti posko mudik, SPBU, pos servis kendaraan akan sangat bermanfaat untuk diketahui.

"Anda dapat mengetahui semua tempat tersebut dengan membaca berita arus mudik atau pakai aplikasi GPS saja," ujarnya.

4. Pastikan kondisi mobil prima

Melakukan perjalanan jauh maka harus memastikan jika mobil dalam kondisi yang prima. Lakukan pemeriksaan dan perawatan lengkap sebelum melakukan perjalanan. Cek setiap komponen penting mobil seperti kelistrikan, mesin, kaki-kaki, rem dan juga berbagai fitur lain yang dirasa penting.

"Jangan lupa membawa peralatan penting, seperti dongkrak, kunci roda, ban serep, cadangan air aki dan air radiator. Beberapa bengkel bahkan menyarankan untuk membawa lampu, busi dan juga vanbelt untuk berjaga-jaga," kata Yan.

5. Siapkan koleksi musik kesukaan

Perjalanan jauh terkadang membuat kita merasa bosan. Tak ada salahnya untuk menyiapkan koleksi musik kesukaan selama berkendara.

"Selain hiburan untuk mengusir bosan, bersenandung juga membuat Anda menjadi lebih mudah terjaga dan tetap berkonsentrasi saat mengemudi," ujar Yan.


Editor : Dani Dahwilani