Hidup di Dunia Balap, Nenek 81 Tahun Ini Masih Hobi Main Motocross

Dani M Dahwilani · Minggu, 10 Juni 2018 - 19:09 WIB
Hidup di Dunia Balap, Nenek 81 Tahun Ini Masih Hobi Main Motocross

Pelopor balap motor wanita, pemenang kejuaraan beberapa balapan mobil, nenek Mary McGee bukan ibu rumah tangga biasa. (Foto: Ride Apart)

JAKARTA, iNews.id - Hobi otomotif tidak hanya milik kaum pria. Banyak wanita yang menghabiskan hidup di dunia dekat dengan lengketnya oli.

Sebelumnya ada nenek 91 tahun, Miriam Berger Laisure yang masih hobi touring, kali ini giliran nenek 81 tahun yang masih suka bermain motocross. Dia adalah Mary Connor McGee, wanita kelahiran Juneau, Alaska 1936.

Dilansir dari Ride Apart, Minggu (10/6/2018), pada Perang Dunia II ancaman serangan Jepang di semenanjung barat memaksa keluarga Mary pindah ke Iowa sebelum menetap di Arizona pada 1944.

Pada pertengahan 50-an, Mary bertemu dengan Don McGee, yang menjadi suaminya. Sebagai seorang mekanik McGee memperkenalkan sang istri ke dunia balap mobil. Tidak lama kemudian Mary melompat ke belakang kemudi.

Pada 1957, setahun setelah menikah Mary berkeinginan ikut lomba dalam ajang Sports Car Club America. Dia memulai debutnya di balik kemudi mobil Mercedes 300SL.

Dia tidak hanya menempatkan dirinya sebagai wanita tangguh, tapi memenangkan perlombaan. Di mana pada saat itu, Mary baru berusia 21 tahun.

BACA:

Hobi Touring, Nenek 91 Tahun Keliling Dunia Pakai Sepeda Motor
Kakek Berusia 100 Tahun Habiskan Hidup Bersama Motor 

Pada tahun yang sama, dia mendapatkan Triumph Tiger Cub 1956 dari temannya. Kala itu, Mary tidak tahu cara naik motor, tetapi hal tersebut tidak menghentikan rasa penasarannya untuk menunggangi kuda besi tersebut.

Pada 1960, dengan beberapa kemenangan dalam balap mobil, Mary ditawari ikut balapan motor. Awalnya, dia tertantang hanya untuk meningkatkan keterampilannya berkendara.

Namun, dia ternyata lulus dalam audisi American Federation of Motorcyclists (AFM) dan mengikuti balapan dengan helm warna polkadot merah muda, sekaligus menjadi wanita pertama yang mengikuti road race di AS.

Pada 1963, perubahan peraturan untuk pembalap wanita mendorongnya beralih ke off-road. Dia tertantang legenda balap, aktor, sekaligus sahabatnya Steve McQueen, yang mengundang untuk meninggalkan perlombaan jalan "pansy" beralih ke medan padang pasir.

Mary McGee

Pada 1968, Mary menjadi wanita pertama yang menyelesaikan Baja 1000, satu-satunya wanita yang menjalankan Baja 500 secara solo pada 1975, dan wanita Amerika pertama yang berlomba di motocross.

Diketahui, Baja 1000 merupakan sebuah kompetisi balap off-road yang dianggap paling brutal oleh para pelakunya. Bisa dibayangkan, Anda harus berkompetisi sejauh 1.200 km membesut kendaraan secepat-cepatnya untuk meraih posisi terbaik di trek panas dan berdebu.

Tetapi Anda ingin tahu bagian terbaiknya? Pada usia di atas 80 tahun, Mary McGee masih setia menunggangi kuda besinya.


Editor : Dani Dahwilani