Pilih Berkendara Malam Hari, Perhatikan Ini

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 14 Juni 2018 - 06:25 WIB
Pilih Berkendara Malam Hari, Perhatikan Ini

Berkendara di malam hari harus ekstra waspada, jarak pandang terbatas karena jalanan gelap, terlebih di jalur alternatif yang masih minim penerangan. (Foto: Top Speed One)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id - Bagi sebagian orang malam hari adalah waktu yang ideal untuk melakukan perjalanan pulang kampung atau berkunjung ke rumah keluarga di daerah lain. Selain cuacanya tidak panas, jalanan biasanya relatif lebih longgar daripada siang.

Namun, ternyata berkendara di malam hari bahayanya juga lebih besar. Penyebabnya jarak pandang terbatas karena jalanan gelap, terlebih di jalur alternatif yang masih minim penerangan. Belum lagi kondisi fisik yang sudah mulai lelah dan mengantuk setelah seharian beraktivitas.

Untuk itu, simak beberapa tips supaya berkendara di malam hari tetap aman seperti yang sudah dihimpun iNews.id dari berbagai sumber:

1. Jarak pandang

Pastikan semua lampu mobil berfungsi dengan maksimal, baik itu headlight, taillighit, maupun lampu sein. Pasalnya, di jalan minim penerangan, lampu mobil menjadi satu-satunya komponen yang bisa menerangi jalanan. Selain itu, pastikan jendela bersih sehingga pandangan tidak terhalang kotoran.

2. Kecepatan

Karena jarak pandang tak sebebas di siang hari, kurangi kecepatan di daerah minim penerangan, apalagi jalanan yang didominasi tanjakan, turunan, dan tikungan. Usahakan menambah kecepatan hanya di jalanan yang memungkinkan, seperti trek lurus, rata, dan dilengkapi lampu jalan baik.

3. Marka jalan

Pemasangan marka jalan telah disertai berbagai alasan terkait kondisi jalan. Usahakan untuk patuh pada marka tersebut karena berisi informasi terkait kondisi jalan.

4. Spion

Supaya tidak silau dengan pantulan cahaya kendaraan di belakang, tekuk spion sedikit ke atas atau ke bawah tanpa mengurangi jarak pandang ke belakang.

5. Istirahat

Usahakan untuk istirahat secara berkala. Tujuannya supaya mata tidak terlalu lelah dan tetap waspada dalam berkendara. Kendaraan pun memerlukan jeda supaya mesinnya bisa tetap melaju dalam kondisi prima.


Editor : Dani Dahwilani