Eks Bos Volkswagen Dipanggil Pengadilan Jerman terkait Kasus Emisi

Dani M Dahwilani · Selasa, 12 Juni 2018 - 10:01 WIB

Eks bos Volkswagen (VW) Martin Winterkorn dipanggil pengadilan Jerman terkait kasus kecurangan emisi mobil (dieselgate). (Foto: Carscoops)

STUTTGART, iNews.id - Mantan Kepala Eksekutif Volkswagen (VW) Martin Winterkorn dipanggil untuk bersaksi di pengadilan Jerman, terkait dengan gugatan atas kecurangan emisi mobil (dieselgate).

Dilansir dari Carscoops, Selasa (12/6/2018/), Bild melaporkan, Winterkorn adalah satu dari 28 orang yang diminta untuk bersaksi di persidangan yang dipimpin Hakim Fabian Reuschle di pengadilan regional Stuttgart.

Pihak lain yang ikut dipanggil adalah Chief Executive Audi Rupert Stadler dan Chief Executive Bosch Volkmar Denner. Selain itu, Menteri Transportasi Jerman Andreas Scheuer juga telah diminta untuk hadir.

Para pemegang saham Volkswagen mencari kompensasi dari sang produsen mobil, serta Porsche SE, karena tidak cepat menginformasi pasar tentang kewajiban yang dapat dihadapi terhadap kasus kecurangan perangkat lunak emisi diesel di Amerika Serikat (AS).

Winterkorn mengundurkan diri dari jabatannya di Volkswagen hanya beberapa hari setelah skandal itu muncul. Beberapa minggu kemudian, dia juga mengundurkan diri sebagai ketua Porsche SE.

Menurut surat dakwaan, Winterkorn secara aktif mencoba menutupi penggunaan perangkat cheat diesel perusahaan. Dakwaan itu juga menegaskan, dia diberitahu tentang kecurangan pada Mei 2014 dan memimpin pertemuan pada Juli 2015, di mana Oliver Schmidt diberitahu untuk berbohong kepada regulator tentang perangkat lunak ini.


Editor : Dani Dahwilani

KOMENTAR