Trump Pamerkan Mobil Kepresidenan The Beast ke Kim Jong Un

Riyandy Aristyo · Selasa, 12 Juni 2018 - 15:34 WIB
Trump Pamerkan Mobil Kepresidenan The Beast ke Kim Jong Un

Presiden AS Donald Trump memperlihatkan kehangatan bersama Kim Jong Un dengan menunjukkan mobil kepresidenan The Beast. (Foto: Washington Post)

SINGAPURA, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un akhirnya bertemu di Hotel Capella, Pulau Sentosa Singapura, Selasa (12/6/2018). Keduanya terlihat sangat akrab ketika awal bertemu dan berjabat tangan menggelar rapat bahkan saat makan siang.

Dikutip dari Washington Post, Selasa (12/6/2018), usai makan siang, orang nomor satu di Amerika Serikat itu tetap memperlihatkan kehangatan bersama Kim dengan menunjukkan mobil kepresidenan AS yang bernama The Beast.

Seperti diketahui, dalam halaman Autoweek, The Beast merupakan mobil Limosin Cadillac One yang sudah digunakan sejak presiden Barack Obama pada 2009. Kemudian Dinas Rahasia mengajukan pengadaan unit baru pada 2014.

Dari namanya saja sudah mencerminkan bahwa mobil ini memiliki beragam fitur canggih dan modern untuk menunjang keamanan dan keselamatan sang presiden dalam menjalankan tugas negara. Sebab itu, keseluruhan bodi mobil tersebut menggunakan pelat tahan peluru dan bom.

The Beast

Dilaporkan, bodi dan pintu menggunakan pelat baja standar militer, sama dengan pintu pesawat Boeing 757 jet yang bobotnya 8 ton. Sampai-sampai Trump sendiri tak akan bisa membuka pintu itu dari dalam, tapi harus dari luar.

Bagian jendela juga selalu dalam kondisi tertutup, tidak bisa dibuka oleh siapa pun. Hal ini untuk menjamin keamanan penumpang dari serangan senjata kimia dan biologi. Hanya jendela bagian depan yang bisa dibuka sehingga memungkinkan pengemudi berbincang langsung dengan personel Dinas Rahasia.

Sayang, tak ada detail spesifikasi teknis yang bisa diketahui oleh umum tentang mobil ini. Hanya General Motors (GM) yang memproduksi dan Secret Service (petugas pengamanan presiden AS) yang mengetahui detailnya.

Setiap unit Beast dibanderol Rp1,5 juta atau sekitar Rp20 miliar. Mobil tidak menggunakan mesin diesel, tapi engine bensin V8.

The Beast


Editor : Dani Dahwilani