Diperkuat 1.260 Sel Lithium-Ion, Motor Listrik Ini Mampu Tempuh 400 Km

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 10 Juli 2018 - 21:28 WIB
Diperkuat 1.260 Sel Lithium-Ion, Motor Listrik Ini Mampu Tempuh 400 Km

Diperkuat 1.260 sel lithium-ion berukuran besar, pabrikan asal Swiss, Ethec akan menciptakan sepeda motor listrik dengan jarak tempuh 400 km. (Foto: Paultan)

ZURICH, iNews.id - Salah satu kelemahan motor bertenaga listrik adalah kapasitas baterai dan daya jelajah. Masalah tersebut sepertinya akan terpecahkan oleh rencana salah satu produsen motor listrik Ethec.

Dilansir dari Paultan, Selasa (10/7/2018), pabrikan asal Swiss tersebut akan menciptakan sepeda motor listrik dengan jarak tempuh 400 km.

Sepertinya, rencana ini akan segera terwujud berkat penggunaan 1.260 sel lithium-ion berukuran besar. Baterai tersebut akan diletakkan di posisi sebagai mana mesin konvensional saat ini.

Perusahaan mengatakan, baterai yang digunakan sudah mengadopsi teknologi Battery Management System (BMS) sehingga mampu memaksimalkan daya baterai dengan memanipulasi variabel daya baterai dan suhu.

Motor Listrik Ethec

Untuk mengoptimalkan kinerja baterai, motor listrik yang disandangnya akan menggunakan pendingin oli yang dilengkapi kipas dan sirip pendingin, pemantauan daya dan suhu sel baterai secara terus menerus.

Baterai Ethec ini memiliki daya 15 kWh, dengan motor listrik berkekuatan 22 kW dan mampu menghantarkan daya hingga 50 kW. Selain itu, motor listrik ini juga menggunakan pengereman regeneratif yang digunakan untuk mengisi ulang baterai, ditambah motor elektrik kembar.

Dalam proyek ini, sebanyak 13 mekanik, satu mahasiswa teknik elektro dari ETH Zurich dan dua mahasiswa desain industri dari Universitas Seni Zurich berkolaborasi mengembangkan produk ini menjadi lebih baik dan dapat dipakai untuk masa depan.


Editor : Dani Dahwilani