Suzuki Siapkan Motor Listrik Pertama di India pada 2020

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 11 Juli 2018 - 23:31 WIB
Suzuki Siapkan Motor Listrik Pertama di India pada 2020

Suzuki berencana mengenalkan sepeda motor listrik pertama di India, pada 2020. (Foto: Zig Wheel)

NEW DELHI, iNews.id - Tak mau ketinggalan dengan pabrikan lain, Suzuki berencana mengenalkan sepeda motor listrik pertama di India, pada 2020. Rencana ini bersamaan dengan peluncuran mobil listrik pertama Suzuki.

Dilansir dari Zig Wheels, Rabu (11/7/2018), perusahaan juga akan berinvestasi dalam pengembangan kendaraan listrik di India melalui penandatanganan kerja sama antara CEO Suzuki Osamu Suzuki dengan Perdana Menteri India Narendra Modi, pada 2017.

Diketahui, produsen motor berlogo S tersebut telah membentuk tim untuk proyek kendaraan listrik yang terdiri dari lima orang. Proyek Suzuki ini sejalan dengan visi pemerintah India terkait elektrifikasi kendaraan di negara tersebut.

Sebagai langkah awal, Suzuki akan menggandeng Denso dan Toshiba untuk mengembangkan sumber daya baterai dengan membuat fasilitas produksi baterai di Gujarat, India.

Selain itu, Suzuki juga sedang mempelajari teknologi pergantian baterai. Di mana konsumen tidak perlu lagi menunggu kendaraannya isi ulang baterai atau charge.

Sebelumnya, perusahaan telah mengembangkan sepada motor listrik bernama Lets dengan kapasitas baterai 100 volt yang mampu menempuh jarak 30 km sekali pengisian baterai.

Di India, harga motor listrik masih lebih tinggi dari motor konvensional. Bagaimanapun, Suzuki sedang berusaha untuk membuat motor listrik bisa lebih fleksibel.


Editor : Dani Dahwilani