Jangan Pernah Sepelekan Tutup Pentil Ban

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 12 Juli 2018 - 07:01 WIB
Jangan Pernah Sepelekan Tutup Pentil Ban

Meskipun berukuran kecil dan terkesan sepele, pentil ban harus dilindungi dengan baik agar tidak cepat rusak. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Bagi pengendara sepeda motor, menerjang genangan air atau banjir sudah menjadi hal lumrah. Apalagi jika sudah memasuki musim hujan.

Bagian sepeda motor pertama yang terkena air dan kotoran adalah ban. Entah disadari atau tidak, sektor roda ini kadang tidak terperhatikan. Padahal, ada bagian penting yang harus mendapat perhatian.

Komponen tersebut adalah pentil. Meskipun berukuran kecil dan terkesan sepele, pentil ban harus dilindungi dengan baik agar tidak cepat rusak. Di mana bagian ini adalah tempat masuk dan keluarnya angin ban kendaraan Anda.

Jika rusak, jangan salahkan siapa-siapa jika ban kendaraan Anda gampang kempes atau angin yang dipompa sulit masuk.

"Sebenarnya, pentil pada ban memiliki tingkat sensitivitas tinggi. Apalagi jika terkena kotoran air yang tergenang. Jika bagian pentil dibiarkan terbuka, air genangan akan dengan mudah masuk pada bagian dalam pentil," ujar Miftah Hadi, manajer outlet Planet Ban cabang Lenteng Agung saat dihubungi iNews.id, Rabu (11/7/2018).

"Kita ketahui bersama, air hujan mengandung zat garam sehingga bisa menimbulkan korosi pada bagian pentil, khususnya pada bagian karet sil. Jika kita biarkan air hujan terus-menerus mengenai ujung pentil, usia komponen tersebut tidak akan lama. Untuk itu penting memasang tutup pentil," katanya.

Miftah menyebutkan, ada banyak pelindung atau tutup pentil. Dia menyarankan untuk menggunakan tutup pentil berbahan karet.

"Pentil berbahan karet lebih aman dan tahan lama. Karena sifat karet sama seperti minyak, tidak dapat menyerap air dan menolak air masuk," ujarnya.


Editor : Dani Dahwilani