2 Komponen Penting pada Motor Honda CBR, Perhatikan Accu dan ECU

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 10 Oktober 2018 - 21:05 WIB
2 Komponen Penting pada Motor Honda CBR, Perhatikan Accu dan ECU

Motor berteknologi injeksi, seperti Honda CBR150R dan Honda CBR250RR membutuhkan accu atau baterai yang selalu dalam kondisi prima. (Foto: iNews)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id - Honda CBR150 dan CBR250RR adalah motor dengan teknologi mumpuni. Namun, bukan tidak mungkin kedua seri motor tersebut mengalami masalah ketika sedang di jalan.

Bagaimana menghindari masalah pada motor sport tersebut? Pemilik bengkel Motolab (khusus Honda CBR) Hendra mengatakan, faktor utama masalah pada motor ini adalah kelalaian pemilik memperhatikan jadwal servis.

"Rata-rata kerusakan yang terjadi itu lantaran pemilik motor lalai memperhatikan jadwal servis. Untuk itu, selalu tepati jadwal servis berkala Honda CBR Anda, dan selalu perhatikan hal-hal kecil setiap kali ada kesempatan," ujarnya, saat berbincang dengan iNews.id di Kedoya, Jakarta, Rabu (10/10/2018).

Hendra mengungkapkan dua hal penting yang harus diperhatikan pada motor CBR150 maupun CBR150RR, yakni bagian accu (aki) dan Electronic Control Unit (ECU).

Motor berteknologi injeksi, seperti Honda CBR150R dan Honda CBR250RR membutuhkan accu atau baterai yang selalu dalam kondisi prima. Suplai listrik yang stabil tanpa henti mutlak diperlukan mengingat motor ini memiliki perangkat elektronik yang banyak dan vital fungsinya.

"Selalu periksa kondisi accu motor Anda secara berkala, periksa tegangannya, apakah masih sesuai yang dianjurkan pabrikan atau tidak," kata Hendra.

Komponen penting lainnya, lanjut Hendra adalah ECU. Komponen ini merupakan otak motor injeksi, bergantung pada suplai listrik dari accu. ECU mengatur segala sesuatu soal kelistrikan di motor. Jika kondisinya kurang baik, dipastikan motor tidak akan bekerja maksimal atau paling buruk mesin tidak akan mau menyala.

"Pastikan perangkat ECU selalu berada pada tempatnya untuk memastikan kinerja maksimal. pengecekan kinerja ECU hanya bisa dilakukan di bengkel-resmi. Tapi ada beberapa bengkel yang juga bisa melakukan pengecekan komponen itu," ujarnya.


Editor : Dani Dahwilani