GIIAS 2018, Mengenal Jenis-Jenis Kamera CCTV Mobil dan Fungsinya

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 08 Agustus 2018 - 15:44 WIB
GIIAS 2018, Mengenal Jenis-Jenis Kamera CCTV Mobil dan Fungsinya

Kamera DR900S Series. (Foto: BlackVue)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

TANGERANG, iNews.id - Fitur keamanan pada mobil saat ini semakin beragam. Salah satunya penggunaan kamera dashcam, DVR Mobil atau Blackbox. Penggunaan alat-alat tersebut diletakkan dalam mobil yang berfungsi merekam segala kejadian selama perjalanan.

"Belakangan, para pemilik mobil memasang kamera ini lantaran banyak musibah atau kecelakaan pada mobilnya. Dengan dashcam, kejadian yang terjadi akan terekam, dan bisa menjadi bukti," tutur Marketing Director Blackvue Indonesia Blackvue Indonesia Rudy Ham saat berbincang dengan iNews.id di GIIAS 2018, ICE BSD City, Tangerang, Rabu (8/8/2018).

Ada beberapa jenis dashcam yang bisa digunakan sebagai alat yang membantu pengawasan terhadap mobil dan bisa menjadi bukti rekaman. Model yang menghadap ke depan, model interior, tipe outdoor, serta dua channel depan dan belakang.

"Kamera yang menghadap ke depan sangat penting, karena biasanya untuk (mengetahui) tabrakan atau sebagai alat bukti. Kita bisa tahu apa yang terjadi di depan mobil kita," kata Rudy.

Jenis yang kedua ialah kamera yang menghadap depan dan belakang (dua channel). Kamera ini mampu mendeteksi kendaraan yang berada di belakang apabila terjadi tabrakan.

"Ini untuk proteksi semua titik. Untuk CCTV yang ini kan biasanya kalau tabrak mobil dari belakang bisa ketahuan. Misalnya, orang yang di belakang kita saat bawa mobil sambil lihat handphone atau enggak," ujarnya.

Tak hanya itu, jenis lain juga ada yang tipe outdoor untuk membantu para sopir truk membawa barang ekspedisi. Dia mengatakan, ini sebagai alat bukti bila mereka menjadi korban bajing loncat.

"Untuk kebutuhan loading barang, ada juga untuk menjadi bukti kalau ada bajing loncat kalau barangnya kurang. Ini tipe yang outdoor, terekam semua kalau bajing loncat ambil barang," katanya.

Berkaitan dengan kamera mobil, Blackvue sendiri menghadirkan produk terbarunya untuk dashcam, yakni DR900S Series. DR900S dengan dua channel ini memiliki keunggulan pixelnya lebih besar empat kali lipat dari kamera Full HD, resolusinya delapan megapiksel untuk channel kamera depan, sementara channel kamera belakang didukung sensor kamera beresolusi 2,1 megapiksel dengan Starvis sensor/FullHD.

"Ini berguna kalau ada tabrak lari. Kalau mobilnya sudah jauh, bisa zoom, tetap kelihatan nomornya. Kejadian tabrak lari bisa ketahuan," kata Rudy.

Istimewanya, lanjut dia, ketika mobil dalam keadaan parkir dan mesinnya mati, kamera atau CCTV ini tidak ikut mati. “Tapi masih aktif dan terus merekam di setiap kejadian,” ujarnya.


Editor : Tuty Ocktaviany