Siap Mengaspal di Indonesia, Ini Sosok Suzuki Swift Hybrid

Riyandy Aristyo · Rabu, 08 Agustus 2018 - 22:11 WIB
Siap Mengaspal di Indonesia, Ini Sosok Suzuki Swift Hybrid

Suzuki Swift Strong Hybrid di GIIAS 2018. (Foto: iNews.id/Dani M Dahwilani)

TANGERANG, iNews.id - Sempat tertangkap kamera beberapa waktu lalu di atas towing car, kali ini Suzuki benar-benar memperkenalkan mobil hybrid-nya di GIIAS 2018. Namanya Suzuki Swift Strong Hybrid.

Ini bukan pertama kalinya PT SIS memperkenalkan teknologi ini. Pasalnya, mereka sempat melansir teknologi hybrid ringan (mild hybrid) pada Suzuki Ertiga diesel.

Perbedaannya terletak di sektor sumber daya Suzuki Swift Strong Hybrid yang sudah disematkan motor generator unit (MGU) dan baterai lithium. Ini dibekali motor listrik bertenaga 13 hp dan torsi 30 Nm.

Sementara daya baterai yang terpasang memiliki daya 446 wH bertegangan 101,4 volt. Sedangkan mesin dual jet engine 1.200 cc milik city car ini berkemampuan 89 hp di 6.000 rpm dan torsi 118 Nm pada 4.400 rpm.

"Jika melihat Suzuki Swift yang digabungkan dengan teknologi strong hybrid, ini adalah perpaduan yang baik untuk market di Indonesia. Karena dalam 5-10 tahun ke depan, Indonesia akan disesaki masyarakat produktif dan dinamis," ujar Harold Donnel, 4W Head of Brand Development and Marketing Research PT SIS di GIIAS, ICE, BSD City, Tangerang, Rabu (8/8/2018).

"Ini adalah masa transisi yang sangat baik, di mana Swift tidak hanya punya performa baik. Tapi juga mendukung lingkungan hidup dengan penggunaan BBM yang jauh lebih efisien," katanya.

Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development & Accessories PT SIS mengklaim, mobil ini paling irit untuk produk global lantaran menggunakan teknologi hybrid. Menurutnya, performa-nya meningkat dibandingkan dengan Swift bermesin konvensional.

"Suzuki Swift Strong Hybrid sanggup mengonsumsi BBM 1/32 km/liter (hasil pengujian Japannese JC08 Cycle) dan mobil ini menjadi yang tertinggi tingkat efisiensinya dibanding produk Suzuki lainnya," ujar Yulius.


Editor : Tuty Ocktaviany