Manfaat Menggunakan Kamera pada Kendaraan

Riyandy Aristyo · Kamis, 09 Agustus 2018 - 07:00 WIB
Manfaat Menggunakan Kamera pada Kendaraan

Kamera mobil. (Foto: Sloanmagazine)

TANGERANG, iNews.id - Dashcam atau kamera CCTV pada kendaraan, khususnya mobil semakin banyak digunakan. Fitur ini semakin dibutuhkan seiring dengan potensi kecelakaan yang besar, serta tindak kriminal untuk membantu pengemudi memantau setiap kejadian yang menimpa.

Berikut beberapa manfaat menggunakan dashcam pada kendaraan yang sudah dirangkum iNews.id dari beberapa sumber, Rabu (8/8/2018).

1. Menangkap Momen Tak Terduga

Dashcam memiliki kemampuan untuk menangkap hal yang tidak terduga. Misal, ada mobil tiba-tiba terbakar, atau pohon yang roboh karena angin, tindak kriminal. Tentu rekaman tersebut akan berguna jika momen tersebut merusak mobil dan pengemudi ingin klaim asuransi.

2. Menjadi Pengawas saat Mobil Parkir

Beberapa jenis dashcam masih dapat merekam meskipun mobil dalam kondisi mati. Bahkan, ada dashcam yang akan merekam secara otomatis jika merasakan adanya getaran. Pengemudi bisa mengetahui pelakunya jika seseorang menabrak mobil maupun yang memecahkan kaca dengan niat kejahatan.

3. Memiliki Rekaman Kecelakaan

Pengemudi jika mengalami kecelakaan biasanya memiliki ingatan yang berbeda dibanding kejadian sebenarnya. Rekaman tersebut, pengemudi bisa membuktikan siapa yang salah sebenarnya jika terlibat kecelakaan.

4. Menghindari Penilangan

Jika pengemudi dihentikan oleh petugas berwajib dan akan ditilang untuk perilaku berkendara yang tidak dlakukan, pengemudi bisa membuktikan dengan rekaman yang diambil oleh dashcam.

5. Meningkatkan Kemampuan Berkendara

Seperti layaknya penari yang berlatih di depan cermin, atau atlet melihat rekaman sebelumnya untuk meningkatkan kemampuan. Melihat gaya berkendara, pengemudi bisa mengevaluasi gaya berkendara dan memperbaiki kesalahan yang kerap dilakukan. Misalkan, terlambat menginjak rem, atau berpindah jalur dengan kasar.


Editor : Dani Dahwilani