Cara Mematikan Klakson Tiba-Tiba Terus Menyala

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 10 Agustus 2018 - 07:01 WIB
Cara Mematikan Klakson Tiba-Tiba Terus Menyala

Kejadian korsleting klakson disebabkan oleh dua kemungkinan yaitu kegagalan sakelar yang berada di kemudi dan relay. (Foto: Amurajala)

TANGERANG, iNews.id - Klakson pada kendaraan memiliki fungsi memberi peringatan atau sinyal kepada pengendara lain di jalan. Komponen ini sering dilupakan pengendara dalam hal perawatan sehingga memunculkan masalah dan salah satunya klakson yang terus berbunyi.

Pemilik dan mekanik bengkel mobil Berlian Jaya, Ardi Luna mengatakan, kondisi itu sebenarnya dapat diatasi dengan mudah asalkan jangan panik.

"Umumnya, kejadian korsleting klakson disebabkan oleh dua kemungkinan yaitu kegagalan sakelar yang berada di kemudi dan relay. Kegagalan yang sama juga bisa berdampak pada tidak berfungsinya klakson mobil," ujar Ardi, saat dihubungi iNews.id via telepon, Kamis (9/8/2018).

Ardi memberikan cara untuk mengatasi masalah tersebut. Pertama, adalah dengan menepikan kendaraan terlebih dahulu agar tak mengganggu kendaraan lain di sekitar.

"Untuk mengatasinya, lebih baik menepi di tempat yang memungkinkan. Kemudian cari posisi kotak sekring yang biasanya ada di dekat mesin mobil. Di dalam kotak itu Anda akan menemukan sekring atau relay," katanya.

Jika sudah menemukan sekring bertuliskan klakson, Qobul menyarankan untuk dicabut. Setelah tercabut, otomatis klakson itu akan mati dengan sendirinya.

"Kalau tidak bisa menemukan sekring mana yang berhubungan dengan klakson, mencabut baterai aki dapat menjadi opsi," ujar Ardi.

Dia menambahkan jika sudah melakukan cara tersebut segera mungkin untuk membawa kendaraan ke bengkel terdekat untuk selanjutnya diberi tindakan.

"Jangan terlalu lama membiarkan kondisi sekring dalam keadaan tercabut, karena bisa berimbas pada komponen lain yang terkoneksi pada kelistrikkan," kata Ardi.


Editor : Dani Dahwilani