Tips Membedakan Velg Mobil Asli dan Imitasi

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 11 Agustus 2018 - 07:01 WIB
Tips Membedakan Velg Mobil Asli dan Imitasi

Banyak pemilik mobil yang kecewa lantaran velg yang digunakan merupakan barang palsu. (Foto: iNews.id)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

TANGERANG, iNews.id - Salah satu bagian mobil yang sering mendapatkan ubahan modifikasi adalah velg. Namun, banyak pemilik mobil yang kecewa lantaran velg yang digunakan merupakan barang palsu.

"Kebanyakan pemilik mobil tak bisa membedakan antara velg asli dengan replika. Sepintas sosok kedua velg tersebut terlihat sama," ujar Thomas Setiawan, pemilik outlet velg mobil BIC Rims Center, Kelapa Gading, saat dihubungi iNews.id, Jumat (10/8/2018).

Dia menjelaskan, ada beberapa poin yang bisa digunakan untuk membedakan velg asli dengan replika. Salah satunya adalah dari bobot velg tersebut. Selain dari bobot, harga dari velg asli bisa mencapai dua hingga tiga kali lipat lebih mahal dari velg replika.

"Bedanya dari berat dan kualitasnya. Kalau velg asli lebih awet atau tahan lama dan biasanya ada lambang aslinya. Velg asli juga lebih ringan bila dibandingkan dengan replika," katanya.

Thomas menyarankan agar membeli velg yang sesuai dengan spesifikasi mobil. Sebab, jika tidak sesuai, justru membuat mobil rusak di bagian kaki-kakinya.

"Di velg itu ada Outch Circle Diameter (PCD) dan offsetnya, jadi harus dilihat dulu. Kalau velg sesuai spesifikasi, standarnya dua ram. Tapi kalau lebih dari dua ram, bisa ngerusak kaki-kaki," ujarnya.

"Velg juga harus sering dicuci. Kalau bisa pakai cairan khusus velg agar awet dan tahan lama," katanya.


Editor : Dani Dahwilani