Inilah Mobil-Mobil Balap Toyota yang Mejeng di GIIAS 2018

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 10 Agustus 2018 - 19:00 WIB
Inilah Mobil-Mobil Balap Toyota yang Mejeng di GIIAS 2018

Toyota Fortuner. (Foto: iNews.id/Riyandi Aristyo)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

TANGERANG, iNews.id - Dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Toyota memamerkan empat kendaraan masa depan yang canggih dan berteknologi tinggi. Bukan hanya itu saja, produsen mobil asal Jepang ini juga memboyong line up mobil balapnya.

Sederet mobil balap yang didatangkan Toyota ke sini meliputi Agya, Yaris, Toyota 86, dan Fortuner. Keempat mobil tersebut sudah dirombak baik dari sisi mesin, eksterior, maupun interior. Kemunculan empat mobil balap tersebut merupakan bentuk dukungan Toyota yang berpartisipasi dalam mengembangkan dunia olahraga nasional.

"Konsistensi Toyota di dunia motorsport merupakan dasar bagi Toyota untuk terus berupaya memberikan ever better cars kepada masyarakat, sekaligus untuk memperkuat implementasi spirit Let's Go Beyond melalui pilar beyond product, beyond technology, dan beyond service," ujar Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto saat ditemui iNews.id di arena GIIAS 2018, Tangerang, baru-baru ini.

Berikut adalah deretan mobil balap yang mejeng di booth Toyota yang berada di Hall 6, GIIAS 2018, ICE, BSD City, Tangerang.

Toyota Agya

Sejak peluncurannya pada 2013, kini PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali merilis Toyota Agya facelift. Mobil LCGC (Low Cost Green Car) buatan pabrik asal Jepang ini telah mendapat penyegaran pada beberapa segmen, salah satunya dari sektor mesin.

Mobil ini dibekali dengan dua varian mesin berkapasitas 1.0 liter dan 1.2 liter. Untuk Agya facelift dengan varian 1.0 liter menggunakan mesin DOHC 3 Silinder 12 Katup, di mana mengusung teknologi VVT-i dengan sistem transmisi manual 5-percepatan. Tenaganya sanggup mencapai 65 hp dan torsi 9.1 Nm.

Sedangkan tipe 1.2 liter akan dilengkapi teknologi mesin DOHC Dual VVT-i 16 katup yang mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 85 hp, serta torsi maksimum hingga 11 Nm.

Toyota Yaris

Hatchback andalan Toyota ini mempertahankan mesin 2NR-FE 4 silinder tipe DOHC berteknologi Dual VVT-I yang memiliki kapasitas 1.496 cc. Mesin ini kemudian dikawinkan dengan dua pilihan transmisi, yaitu 5 manual percepatan atau 7 percepatan otomatis CVT.

Meski transmisinya berbeda, namun dipastikan bakal sanggup memberikan tenaga yang sama, yaitu mampu menyemburkan power hingga 105 hp per 6.000 rpm dan torsi maksimum 14,3 Nm per 4.200 rpm.

Toyota 86

Toyota memulai proyek mobil sport di tahun 2012 yang diberi nama Toyota 86 dengan menggandeng Subaru. Sebagai sebuah mobil sport yang stylish dan cukup terjangkau, sudah sewajibnya performa mesin mobil ini haruslah di atas rata-rata.

Mobil ini menggunakan mesin Boxer DOHC 4 silinder dengan tipe D4-S yang bisa menghasilkan tenaga hingga 145 hp, dan torsi hingga 205 Nm yang dialirkan ke transmisi automatik 6-percepatan.

Toyota Fortuner

Dengan tampilan gagah dan lahir dari pabrikan otomotif ternama, Fortuner menawarkan nuansa real SUV kepada masyarakat Indonesia yang gemar akan kendaraan tangguh untuk segala medan. Termasuk nyaman untuk bepergian bersama keluarga.

Mobil ini mengusung mesin bensin 4-silinder berkode 2TR-FE berkapasitas 2,7 liter. Sedangkan Fortuner diesel dibekali mesin turbodiesel empat silinder berkod 2KD-FTV yang berkapasitas 2,5 liter. Mesin ini sudah mengggunakan teknologi commonrail direct injection Toyota, yang bernama D4-D.

"Mobil Toyota Fortuner ini masih dalam tahap pengembangan, jadi pengunjung hanya melihat tidak bisa duduk dalam mobil. Sementara untuk dashboard dan mesin masih dalam kondisi standar," kata Soerjo.


Editor : Tuty Ocktaviany