Tak Sesuai Selera, Alasan Daihatsu Tak Pasarkan Mobil Bermesin Kecil

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 11 Agustus 2018 - 15:56 WIB
Tak Sesuai Selera, Alasan Daihatsu Tak Pasarkan Mobil Bermesin Kecil

Tak Sesuai Selera, Alasan Daihatsu Tak Pasarkan Mobil Bermesin Kecil (Foto: Riyandy/ iNews.id)

TANGERANG, iNews.id - Kei Car atau biasa disebut mobil berdimensi kecil, sangat populer di negara India dan China. Selain bentuknya yang kompak, mobil kecil ini diklaim hemat bahan bakar.

Bicara soal mobil kecil, Daihatsu cukup sukses memasarkan mobil-mobil berkapasitas mesin kecil di dunia. Bahkan, pabrikan otomotif yang berasal dari Jepang tersebut tak segan untuk menanamkan mesin 600 cc.

Sayangnya, Daihatsu tak memasarkan produk tersebut di Tanah Air. Alasannya cukup simpel yakni selera masyarakat Indonesia berbeda dengan masyarakat luar negeri.

"Orang Indonesia pengennya 1.000 cc. Dia merasa 600 cc itu kecil banget. Jadi, edukasinya itu di kepala mereka kayak orang Amerika dulu, yang (suka mesin) size gede-gede. Padahal boros, karena feeling-nya lebih power full (cc gede)," ujar Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra saat ditemui wartawan di GIIAS, Tangerang Selatan, beberapa waktu lalu.

Amel menambahkan bahwa mobil dengan mesin yang kecil sering kali mendapatkan omongan yang tak enak didengar.

"Kalau sekarang saya suka 600 cc, tapi kalau merek jual, belum tentu laku. Begitu tahu mesinnya 600cc? orang pada kaget, 'Hah, 600cc, gila lu, kecil banget," jelas Amel.

Rata-rata produsen mobil di Indonesia menerapkan mesin berkapasitas 1.200cc. Jika ada mesin 1.000 cc, jumlahnya kecil, bahkan penjualnya juga cenderung kecil.

Meski begitu, Amel mengatakan kalau mesin kecil, teknologinya bisa membuat efisiensi bahan bakar. Tenaga juga bisa menjadi powerfull jika dikombinasikan dengan turbo.

Studi yang pernah dilakukan Amel kepada para pengendara mobil yang menggunakan mesin 600cc plus turbo, hasilnya mereka tak menyangka dengan kekuatan yang dihasilkan.


Editor : Dini Listiyani