Tips Memilih Jok Mobil agar Nyaman Dipakai

Riyandy Aristyo ยท Minggu, 12 Agustus 2018 - 07:12 WIB
Tips Memilih Jok Mobil agar Nyaman Dipakai

Karena kurang pengetahuan, tidak sedikit orang keliru dalam memilih variasi jok mobil. (Foto: iNews.id)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

TANGERANG, iNews.id - Tidak sedikit seseorang keliru dalam memilih variasi jok mobil. Beberapa pengendara memilih mengganti jok standar bawaan pabrikan dengan beberapa type variasi mobil yang berada di pasaran.

"Banyak sekali kita temui produk variasi jok mobil dari yang berkualitas standar sampai istimewa. Namun, apakah hal tersebut dapat mencapai tingkat kepuasan dan kenyamanan si pengemudi dalam berkendara. Ini yang menjadi masalah," ujar Juliawan Wahjoepramono, owner Lederlux Synthetic Leather (jok mobil) saat ditemui iNews.id di GIIAS 2018.

Dia menuturkan tujuan pergantian jok mobil variasi guna memberikan kenyamanan sehingga betah berlama-lama di dalam mobil. Juliawan pun berbagi tips memilih variasi jok mobil agar terasa nyaman dan terlihat keren.

"Poin pertama yang Anda harus ketahui adalah menentukan material yang akan dipakai. Kenali dan pelajari jenis-jenis jok mobil Anda agar lebih mudah menentukan material apa yang terbaik," katanya.

Menurut Juliawan, ada dua jenis jok yang sering digunakan. Pertama adalah berbahan kulit asli, dan jenis sintentik/buatan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan.

"Kelebihan jok mobil dengan bahan kulit asli yakni lebih awet, bisa menyesuaikan kondisi cuaca, lebih terasa adem, lebih lembut dan memberikan kenyamanan maksimal bagi penguna," ujarnya.

Untuk kekurangannya dari harga cukup tinggi dibandingkan jok mobil berbahan sintetik. Biaya perawatan jenis jok ini juga mahal agar lapisannya tetap lentur, bersih dan tidak berjamur.

Sementara kelebihan jok mobil berbahan sintetik, dari segi biaya perawatan lebih terjangkau. Kekurangannya adalah serat yang dihasilkan tidak sekuat dan senyaman jok berbahan kulit asli.

"Hal penting lain dalam memilih variasi jok mobil adalah menentukan apakah Anda akan merombak atau hanya menambah desain jok itu sendiri, atau mungkin hanya memberi sarung jok mobil. Ini juga harus diperhatikan," kata Juliawan.


Editor : Dani Dahwilani